Iklan Kata Kunci

Cara Membuat Iklan Kata Kunci

Bagaimana langkah membuat Iklan Kata Kunci?


1. Log in ke Seller Centre

2. Klik Iklanku untuk mulai memasang iklan.


3. Klik Iklan Kata Kunci di pojok kiri atas, lalu klik + Iklan Kata Kunci Baru di kanan bawah.

4. Pilih produk untuk dipromosikan, kemudian klik Konfirmasi.


5. Tentukan Modal & Periode iklan


a. Modal adalah biaya maksimum yang perlu Anda bayar. Semua iklan Anda akan berhenti saat modal Anda habis. 

b. Anda dapat mengatur modal harian untuk biaya iklan per hari.

c. Anda juga dapat mengatur total modal untuk biaya iklan sepanjang durasi iklan Anda.

d. Untuk modal, Anda dapat memilih "Tanpa Batas" agar Anda dapat terus berjalan sesuai saldo yang tersedia, atau "Tentukan Modal" agar Anda dapat menentukan modal untuk setiap iklan.

e. Pastikan modal Anda cukup untuk mendapatkan hasil yang diinginkan; iklan Anda akan berhenti saat modal habis.

f. Untuk periode, Anda dapat memilih "Tanpa Batas Waktu" agar iklan berjalan hingga modal habis, atau "Tetapkan Tanggal Mulai/ Selesai" agar Anda dapat menentukan tanggal mulai & berakhirnya iklan. 


6. Atur kata pencarian sesuai dengan produk. Terdapat 2 tipe pengaturan kata pencarian:


1. Pilih Otomatis: Sistem Shopee akan mengatur kata pencarian untuk Anda. Aktifkan tombol untuk mengaktifkan pengaturan ini. Saat ini, tipe Pilih Otomatis tersedia dalam Versi Beta dan hanya dapat diakses oleh Penjual terpilih.


2. Pilih Manual: Penjual dapat mengatur kata pencarian sendiri sesuai keinginan. Ikuti langkah berikut untuk mengaktifkan pengaturan ini:

a. Klik + Tambah rekomendasi Kata Pencarian. Sistem akan otomatis menyediakan kata pencarian yang relevan dengan produk Anda dan yang paling dicari dalam 30 hari terakhir. Jika Anda tidak ingin menambahkan kata pencarian yang direkomendasikan sistem, Anda dapat klik icon untuk menghapusnya.

b. Pilih kata pencarian, atur biaya-per-klik serta tipe pencocokan. Jika Anda ingin menambah kata pencarian lain, klik + Tambah Kata Pencarian.


c. Gunakan kolom pencarian untuk mencari kata pencarian yang diinginkan. Klik Tambah > untuk menambah kata pencarian baru. Lalu, tentukan kata pencarian dan ubah tipe pencocokan. Setelah selesai, klik Konfirmasi dan tambah Kata Pencarian.


7. Jika Anda ingin mengubah pengaturan iklan secara massal, centang kata pencarian dan klik Ubah Biaya Iklan Massal, Ubah Tipe Pencocokan Massal atau Hapus Massal. Lalu klik Aktifkan Iklan.


Selain melalui menu Promosi Saya, Anda juga dapat mengiklankan produk dari halaman Produk Saya dengan cara:


  1. Log in ke Seller Centre > klik Produk Saya
  2. Klik Lainnya > Atur Iklan Kata Kunci untuk mengatur Iklan Kata Kunci


Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih produk untuk diiklankan?


Pilih produk yang tepat untuk diiklankan berdasarkan tujuan bisnis Anda:


1. Untuk membuat produk baru semakin terlihat

Catatan: Pilih produk baru yang diinginkan dan tes potensi pasar produk tersebut. 


2. Untuk meningkatkan penjualan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan organik yang baik & produk yang memiliki potensi penjualan. 


3. Untuk meningkatkan keuntungan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan organik yang baik & memberikan keuntungan yang tinggi.


Bagaimana cara mengatur Kata Pencarian, Pencocokan, dan Biaya-per-Klik?


Kata Pencarian


  • Pilih Otomatis (Versi BETA)

Jika Anda baru menggunakan Iklan Kata Kunci atau tidak yakin dalam pemilihan kata pencarian, aktifkan tombol Pilih Otomatis. Shopee akan mengatur kata pencarian yang cocok dengan produk Anda berdasarkan kata yang mirip dengan informasi produk. Saat ini, tipe Pilih Otomatis tersedia dalam Versi Beta dan hanya dapat diakses oleh Penjual terpilih.


  • Pilih Manual

Jika Anda sudah pernah menggunakan Iklan Kata Kunci atau ingin iklan Anda muncul di posisi teratas halaman hasil pencarian untuk kata pencarian tertentu, Anda dapat memilih kata pencarian dan biaya-per-klik sendiri. Anda juga dapat memilih tipe pencocokan untuk setiap kata pencarian produk Anda.


Pencocokan


  • Pencocokan Luas (otomatis)

Iklan Anda akan muncul pada halaman pencarian asalkan Pembeli mencari kata pencarian yang mengandung kata yang telah Anda atur.

Contoh: Jika kata pencarian yang Anda pilih "gaun" dan Pembeli mencari "gaun bunga", maka iklan Anda akan muncul.


  • Pencocokan Spesifik

Iklan Anda hanya akan muncul ketika Pembeli mencari kata pencarian spesifik yang telah Anda atur.

Contoh: Jika kata pencarian yang Anda pilih "gaun" dan Pembeli mencari "gaun pesta", iklan Anda tidak akan muncul. Penggunaan huruf kapital tidak berpengaruh pada daftar pencocokan spesifik. Jadi, jika Pembeli mencari "GAUN", iklan Anda akan tetap muncul. 


Biaya-per-klik


Setelah mengatur kata pencarian, Anda harus mengatur biaya-per-klik dari setiap kata pencarian yang diatur secara manual. Sistem akan menampilkan biaya-per-klik yang direkomendasikan sebagai panduan. 


Catatan:

  • Gunakan biaya-per-klik yang direkomendasikan untuk memastikan iklan Anda tampil di posisi teratas. Biaya-per-klik yang disarankan untuk Pencocokan Luas lebih tinggi 20% dari Pencocokan Spesifik
  • Anda masih dapat mengubah biaya-per-klik setelah kata kunci pencarian Anda telah diluncurkan


Tips memilih kata pencarian, pencocokan dan biaya-per-klik berdasarkan tujuan Anda: 

1. Membuat produk semakin terlihat

  • Gunakan min. 10 kata pencarian per produk, termasuk sinonim dan variasi dari kata pencarian yang relevan dengan produk.

Contoh: Untuk produk sepatu olahraga, Anda dapat menggunakan "sepatu", "sepatu kets", "sepatu untuk olahraga", "sepatu olahraga", "sepatu luar ruangan", dan lainnya.

  • Pilih semua kata pencarian relevan yang disarankan oleh sistem Shopee dan tambahkan kata pencarian milik Anda.
  • Anda dapat mengoptimalkan iklan Anda dengan menghapus kata pencarian yang memiliki performa buruk.
  • Gunakan Pencocokan Luas agar kata pencarian Anda menjangkau lebih banyak pengguna.
  • Pastikan biaya-per-klik di atas biaya yang disarankan.


2. Meningkatkan penjualan

  • Gunakan kombinasi dari Pencocokan Luas dan Pencocokan Spesifik untuk memaksimalkan visibilitas pada halaman produk.
  • Untuk Pencocokan Luas, gunakan kata pencarian yang umum, populer, dan relevan agar Pembeli melihat produk Anda, seperti "sweater" dan "sweater merah".
  • Untuk Pencocokan Spesifik, gunakan kata pencarian yang spesifik dan relevan agar Pembeli melihat produk Anda, seperti "Sweater olahraga" atau "Sweater biru lengan panjang".
  • Pasang biaya-per-klik yang disarankan dan atur kata pencarian secara kompetitif.


3. Meningkatkan keuntungan

  • Targetkan kata pencarian paling relevan yang digunakan Pembeli untuk melihat produk Anda
  • Masukkan kata pencarian paling spesifik seperti "biji kopi" ketimbang "kopi" saja. Kata pencarian paling spesifik biasanya lebih murah dan bisa menarik lebih banyak Pembeli yang relevan.
  • Fokus pada penggunaan Pencocokan Spesifik untuk mendapatkan pengunjung yang relevan ke halaman produk Anda
  • Jika ingin iklan Anda lebih sering dilihat, gunakan Pencocokan Luas dan atur biaya-per-klik sesuai biaya yang disarankan


Bagaimana cara mengubah Kata Pencarian secara massal?


Untuk mengubah kata pencarian pada tipe "Pilih Otomatis" secara massal: 

  1. Klik iklan Anda dan masuk ke halaman rincian iklan
  2. Aktifkan tombol Pilih Otomatis

Saat ini, tipe Pilih Otomatis tersedia dalam Versi Beta dan hanya dapat diakses oleh Penjual terpilih.



 Untuk mengubah kata pencarian untuk tipe "Pilih Manual" secara massal:

  1. Klik iklan yang sudah dibuat
  2. Pilih semua kata pencarian
  3. Pilih menu Atur Ulang Biaya-per-klik, Ubah Tipe Pencocokan Secara Massal, atau Hapus Massal untuk mengubah pengaturan kata pencarian 


Bagaimana cara mengubah Kata Pencarian secara individual?



  1. Pilih produk yang relevan dengan kata pencarian di Statistik Produk pada halaman utama Iklanku.
  2. Untuk mengubah Waktu, arahkan kursor ke periode & klik simbol pensil di sebelah kanan. Anda dapat mengubah durasi menjadi "Tanpa Batas", atau pilih tanggal mulai & berakhirnya iklan.
  3. Untuk mengubah Modal, arahkan kursor ke biaya dan klik simbol pensil. Anda dapat mengubah modal menjadi "Tanpa Batas", atau tentukan Modal Harian/ Total Modal.
  4. Untuk mengubah biaya iklan-per-klik, klik icon pensil dan masukkan biaya yang Anda inginkan > klik Konfirmasi.
  5. Anda dapat menonaktifkan atau menghentikan iklan kapanpun, dengan mengklik tombol Nonaktifkan (menghentikan iklan sementara) atau Selesaikan (menghentikan iklan secara permanen).
  6. Untuk menghapus kata pencarian, klik Hapus > klik Konfirmasi.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak