Iklan Kata Kunci

Cara Membuat Iklan Kata Kunci

Bagaimana langkah membuat Iklan Kata Kunci?


1. Log in ke Seller Centre.

2. Klik Iklanku untuk mulai memasang iklan.

3. Klik Iklan Kata Kunci di pojok kiri atas, lalu klik + Iklan Kata Kunci Baru di kanan bawah.

4. Pilih produk untuk dipromosikan, kemudian klik Konfirmasi.

5. Tentukan Modal & Periode iklan

a. Modal adalah biaya maksimum yang perlu Anda bayar. Semua iklan Anda akan berhenti saat modal Anda habis. 

b. Anda dapat mengatur modal harian untuk biaya iklan per hari.

c. Anda juga dapat mengatur total modal untuk biaya iklan sepanjang durasi iklan Anda.

d. Untuk modal, Anda dapat memilih “Tanpa Batas” agar Anda dapat terus berjalan sesuai saldo yang tersedia, atau “Tentukan Modal” agar Anda dapat menentukan modal untuk setiap iklan.

  • Min. modal harian adalah Rp2.500
  • Min. total modal adalah Rp25.000

e. Pastikan modal Anda cukup untuk mendapatkan hasil yang diinginkan; iklan Anda akan berhenti saat modal habis.

f. Untuk periode, Anda dapat memilih “Tanpa Batas Waktu” agar iklan berjalan hingga modal habis, atau “Tetapkan Tanggal Mulai/ Selesai” agar Anda dapat menentukan tanggal mulai & berakhirnya iklan. 


6. Atur kata pencarian sesuai dengan produk. Terdapat 2 tipe pengaturan kata pencarian:

  1. 1. Pilih Otomatis: Sistem Shopee akan mengatur & mengoptimalkan kata pencarian untuk Anda. Aktifkan tombol untuk mengaktifkan pengaturan ini. Gunakan tipe ini jika Anda ingin mengatur dan mengelola iklan Anda dengan upaya minimal, atau jika Anda tidak yakin untuk memilih kata pencarian.


  1. 2. Pilih Manual: Penjual dapat mengatur kata pencarian sendiri sesuai keinginan. Ikuti langkah berikut untuk mengaktifkan pengaturan ini:
  2. a. Klik + Tambah rekomendasi Kata Pencarian. Sistem akan otomatis menyediakan kata pencarian yang relevan dengan produk Anda dan yang paling dicari dalam 30 hari terakhir. Jika Anda tidak ingin menambahkan kata pencarian yang direkomendasikan sistem, Anda dapat klik icon untuk menghapusnya.
  3. b. Pilih kata pencarian, atur biaya-per-klik serta tipe pencocokan. Jika Anda ingin menambah kata pencarian lain, klik + Tambah Kata Pencarian.

  1. c. Gunakan kolom pencarian untuk mencari kata pencarian yang diinginkan. Klik Tambah > untuk menambah kata pencarian baru. Lalu, tentukan kata pencarian dan ubah tipe pencocokan. Setelah selesai, klik Konfirmasi dan tambah Kata Pencarian.


7. Jika Anda ingin mengubah pengaturan iklan secara massal, centang kata pencarian dan klik Ubah Biaya Iklan Massal, Ubah Tipe Pencocokan Massal atau Hapus Massal. Lalu klik Aktifkan Iklan.

 

Selain melalui menu Promosi Saya, Anda juga dapat mengiklankan produk dari halaman Produk Saya dengan cara:

  1. Log in ke Seller Centre > klik Produk Saya
  2. Klik Lainnya > Atur Iklan Kata Kunci untuk mengatur Iklan Kata Kunci



Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih produk untuk diiklankan?

Pilih produk yang tepat untuk diiklankan berdasarkan tujuan bisnis Anda:


1. Untuk meningkatkan penjualan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan organik yang baik & produk yang memiliki potensi penjualan. 


2. Untuk meningkatkan keuntungan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan organik yang baik & memberikan keuntungan yang tinggi.


3. Untuk membuat produk baru semakin terlihat

Catatan: Pilih produk baru yang diinginkan dan tes potensi pasar produk tersebut. 


Catatan:

Pilih produk rekomendasi dengan icon yang menandakan bahwa produk tersebut memiliki tingkat penjualan & konversi yang tinggi.



Bagaimana cara mengatur Kata Pencarian, Pencocokan, dan Biaya-per-Klik?


Kata Pencarian


Pilih Otomatis


Jika Anda baru menggunakan Iklan Kata Kunci atau tidak yakin dalam pemilihan kata pencarian, aktifkan tombol Pilih Otomatis. Shopee akan mengatur kata pencarian yang cocok dengan produk Anda berdasarkan kata yang mirip dengan informasi produk.


Pilih Manual


Jika Anda sudah pernah menggunakan Iklan Kata Kunci atau ingin iklan Anda muncul di posisi teratas halaman hasil pencarian untuk kata pencarian tertentu, Anda dapat memilih kata pencarian dan biaya-per-klik sendiri. Anda juga dapat memilih tipe pencocokan untuk setiap kata pencarian produk Anda.


Pencocokan


Pencocokan Luas (otomatis)


Iklan Anda akan muncul pada halaman pencarian saat Pembeli mencari variasi kata pencarian yang relevan, meskipun kata tersebut tidak mengandung kata yang telah Anda atur.


Pencocokan Spesifik

Iklan Anda hanya akan muncul ketika Pembeli mencari kata pencarian spesifik yang telah Anda atur.

Contoh:


Biaya-per-klik

Setelah mengatur kata pencarian, Anda harus mengatur biaya-per-klik dari setiap kata pencarian yang diatur secara manual. Sistem akan menampilkan biaya-per-klik yang direkomendasikan sebagai panduan. 


Catatan:

  • Penempatan iklan Anda akan berdasarkan kualitas toko Anda (penilaian toko, penjualan produk, performa toko) & biaya-per-klik
  • Semakin tinggi kualitas toko Anda, semakin rendah biaya-per-klik yang perlu Anda tentukan untuk menempatkan iklan Anda di posisi atas.
  • Gunakan biaya-per-klik yang direkomendasikan untuk memastikan iklan Anda tampil di posisi teratas. Biaya-per-klik yang disarankan untuk Pencocokan Luas lebih tinggi 20% dari Pencocokan Spesifik
  • Anda masih dapat mengubah biaya-per-klik setelah kata kunci pencarian Anda telah diluncurkan


Tips memilih kata pencarian, pencocokan dan biaya-per-klik berdasarkan tujuan bisnis Anda: 


1. Membuat produk semakin terlihat

  • Gunakan min. 10 kata pencarian per produk, termasuk sinonim dan variasi dari kata pencarian yang relevan dengan produk.

Contoh: Untuk produk sepatu olahraga, Anda dapat menggunakan “sepatu", “sepatu kets”, “sepatu untuk olahraga”, “sepatu olahraga”, “sepatu luar ruangan”, dan lainnya.

  • Pilih semua kata pencarian relevan yang disarankan oleh sistem Shopee dan tambahkan kata pencarian milik Anda.
  • Anda dapat mengoptimalkan iklan Anda dengan menghapus kata pencarian yang memiliki performa buruk.
  • Gunakan Pencocokan Luas agar kata pencarian Anda menjangkau lebih banyak pengguna.
  • Pastikan biaya-per-klik di atas biaya yang disarankan.


2. Meningkatkan penjualan

  • Gunakan kombinasi dari Pencocokan Luas dan Pencocokan Spesifik untuk memaksimalkan visibilitas halaman produk.
  • Sebagai permulaan, gunakan kata pencarian yang populer dan relevan dengan produk Anda, contoh:
  • Untuk Pencocokan Luas, gunakan kata pencarian yang umum, populer, dan relevan agar Pembeli melihat produk Anda, seperti “sweater” dan “sweater hoodie”.
  • Untuk Pencocokan Spesifik, gunakan kata pencarian yang spesifik dan relevan agar Pembeli melihat produk Anda, seperti “Sweater olahraga” atau “Sweater biru lengan panjang”.
  • Untuk menghemat biaya, gunakan kata pencarian yang sangat relevan, contoh: jika Anda menjual case handphone, gunakan kata “case handphone tipe X” atau “case handphone X” dibandingkan hanya “handphone X”.
  • Pasang biaya-per-klik yang disarankan dan atur kata pencarian secara kompetitif.


3. Meningkatkan keuntungan

  1. 1. Targetkan kata pencarian paling relevan yang digunakan Pembeli untuk melihat produk Anda
  2. 2. Masukkan kata pencarian paling spesifik seperti “biji kopi” ketimbang “kopi” saja. Kata pencarian paling spesifik biasanya lebih murah dan bisa menarik lebih banyak Pembeli yang relevan.
  3. 3. Fokus pada penggunaan Pencocokan Spesifik untuk mendapatkan pengunjung yang relevan ke halaman produk Anda
  4. 4. Jika ingin iklan Anda lebih sering dilihat, gunakan Pencocokan Luas dan atur biaya-per-klik sesuai biaya yang disarankan


Lampiran


Bagaimana cara mengatur Iklan Kata Kunci?

Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan membaca Panduan Pengguna Iklanku di sini.


Bagaimana cara mengubah Kata Pencarian secara massal?

Anda bisa memasang Iklan Kata Kunci hingga 20 produk sekaligus dengan tipe Pilih Otomatis. Saat ini, tipe Pilih Otomatis masih tersedia dalam Versi BETA dan hanya dapat diakses oleh Penjual terpilih.


Untuk mengubah kata pencarian pada tipe “Pilih Otomatis” secara massal: 

1. Klik iklan Anda dan masuk ke halaman rincian iklan

2. Aktifkan tombol Pilih Otomatis


Untuk mengubah kata pencarian untuk tipe “Pilih Manual” secara massal:

1. Klik iklan yang sudah dibuat

2. Pilih semua kata pencarian

3. Pilih menu Atur Ulang Biaya-per-klik, Ubah Tipe Pencocokan Secara Massal, atau Hapus Massal untuk mengubah pengaturan kata pencarian

 


Bagaimana cara mengubah Kata Pencarian secara individual?


1. Pilih produk yang relevan dengan kata pencarian di Statistik Produk pada halaman utama Iklanku.

2. Untuk mengubah Waktu, arahkan kursor ke periode & klik simbol pensil di sebelah kanan. Anda dapat mengubah durasi menjadi “Tanpa Batas”, atau pilih tanggal mulai & berakhirnya iklan.

3. Untuk mengubah Modal, arahkan kursor ke biaya dan klik simbol pensil. Anda dapat mengubah modal menjadi “Tanpa Batas”, atau tentukan Modal Harian/ Total Modal.

4. Untuk mengubah biaya iklan-per-klik, klik icon pensil dan masukkan biaya yang Anda inginkan > klik Konfirmasi.

5. Anda dapat menonaktifkan atau menghentikan iklan kapanpun, dengan mengklik tombol Nonaktifkan (menghentikan iklan sementara) atau Selesaikan (menghentikan iklan secara permanen).

Untuk menghapus kata pencarian, klik Hapus > klik Konfirmasi.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak