Iklan Kata Kunci

Cara Mengatur Iklan Kata Kunci

Dalam menggunakan Iklan Kata Kunci, ada beberapa hal yang perlu Anda atur:


1. Kata Pencarian


Pilih Otomatis

Jika Anda baru menggunakan Iklan Kata Kunci atau tidak yakin dalam pemilihan kata pencarian, aktifkan tombol Pilih Otomatis. Shopee akan mengatur kata pencarian yang cocok dengan produk Anda berdasarkan kata yang mirip dengan informasi produk. Klik di sini untuk cara menggunakan tipe Pilih Otomatis pada Iklan Kata Kunci.

Catatan: jika Anda membuat Iklan Kata Kunci melalui aplikasi Shopee, tipe Pilih Otomatis akan secara otomatis aktif. Untuk mengatur kata kunci secara manual atau menonaktifkan Pilih Otomatis, kunjungi Seller Centre > Iklan Shopee.


Pilih Manual

Jika Anda sudah pernah menggunakan Iklan Kata Kunci atau ingin iklan Anda muncul di posisi teratas halaman hasil pencarian untuk kata pencarian tertentu, Anda dapat memilih kata pencarian dan biaya-per-klik sendiri. Anda juga dapat memilih tipe pencocokan untuk setiap kata pencarian produk Anda.


2. Pencocokan


Pencocokan Luas (Otomatis)

Iklan Anda akan muncul pada halaman pencarian saat Pembeli mencari variasi kata pencarian yang relevan, meskipun kata tersebut tidak mengandung kata yang telah Anda atur.


Pencocokan Spesifik

Iklan Anda hanya akan muncul ketika Pembeli mencari kata pencarian spesifik yang telah Anda atur.


Contoh:


3. Biaya-per-klik

Setelah mengatur kata pencarian, Anda harus mengatur biaya-per-klik dari setiap kata pencarian yang diatur secara manual. Sistem akan menampilkan biaya-per-klik yang direkomendasikan sebagai panduan. 


Catatan:

  • Penempatan iklan Anda akan berdasarkan kualitas toko Anda (penilaian toko, penjualan produk, dan performa toko) & biaya-per-klik.
  • Semakin tinggi kualitas toko Anda, semakin rendah biaya-per-klik yang perlu Anda tentukan untuk menempatkan iklan Anda di posisi atas.
  • Gunakan biaya-per-klik yang direkomendasikan untuk memastikan iklan Anda tampil di posisi teratas. Biaya-per-klik yang disarankan untuk Pencocokan Luas lebih tinggi 20% dari Pencocokan Spesifik.
  • Anda masih dapat mengubah biaya-per-klik setelah Iklan Kata Kunci Anda telah diluncurkan.


Tips memilih kata pencarian, pencocokan, dan biaya-per-klik berdasarkan tujuan bisnis Anda: 


1. Membuat produk semakin terlihat

  • Gunakan min. 10 kata pencarian per produk, termasuk sinonim dan variasi dari kata pencarian yang relevan dengan produk. Contoh: Untuk produk sepatu olahraga, Anda dapat menggunakan “sepatu", “sepatu kets”, “sepatu untuk olahraga”, “sepatu olahraga”, “sepatu luar ruangan”, dan lainnya.
  • Pilih semua kata pencarian relevan yang disarankan oleh sistem Shopee dan tambahkan kata pencarian milik Anda.
  • Anda dapat mengoptimalkan iklan Anda dengan menghapus kata pencarian yang memiliki performa buruk.
  • Gunakan Pencocokan Luas agar kata pencarian Anda menjangkau lebih banyak Pengguna.
  • Pastikan biaya-per-klik di atas biaya yang disarankan.


2, Meningkatkan penjualan

  • Gunakan kombinasi dari Pencocokan Luas dan Pencocokan Spesifik untuk memaksimalkan visibilitas halaman produk.
  • Sebagai permulaan, gunakan kata pencarian yang populer dan relevan dengan produk Anda, contoh:
  • Untuk Pencocokan Luas, gunakan kata pencarian yang umum, populer, dan relevan agar Pembeli melihat produk Anda, seperti “sweater” dan “sweater hoodie”.
  • Untuk Pencocokan Spesifik, gunakan kata pencarian yang spesifik dan relevan agar Pembeli melihat produk Anda, seperti “Sweater olahraga” atau “Sweater biru lengan panjang”.
  • Untuk menghemat biaya, gunakan kata pencarian yang sangat relevan, contoh: jika Anda menjual case handphone, gunakan kata “case handphone tipe X” atau “case handphone X” dibandingkan hanya “handphone X”.
  • Pasang biaya-per-klik yang disarankan dan atur kata pencarian secara kompetitif.


3. Meningkatkan keuntungan

  1. 1. Targetkan kata pencarian paling relevan yang digunakan Pembeli untuk melihat produk Anda.
  2. 2. Masukkan kata pencarian paling spesifik seperti “biji kopi” dibandingkan ketimbang “kopi” saja. Kata pencarian paling spesifik biasanya lebih murah dan bisa menarik lebih banyak Pembeli yang relevan.
  3. 3. Fokus pada penggunaan Pencocokan Spesifik untuk mendapatkan pengunjung yang relevan ke halaman produk Anda.
  4. 4. Jika ingin iklan Anda lebih sering dilihat, gunakan Pencocokan Luas dan atur biaya-per-klik sesuai biaya yang disarankan.


Cara mengatur Modal dan Periode Iklan


  • Sistem akan secara otomatis mengatur modal menjadi “Tanpa Batas” dan periode menjadi “Tanpa Batas Waktu”.
  • Anda dapat menentukan modal dan menetapkan tanggal mulai/selesai pada setiap iklan. Jika Anda menentukan modal, iklan akan berhenti setelah modal habis terpakai.
  • Min. modal harian adalah Rp2.500.
  • Min. total modal adalah Rp25.000.



Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih produk untuk diiklankan?

Pilih produk yang tepat untuk diiklankan berdasarkan tujuan bisnis Anda:


1. Untuk meningkatkan penjualan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan organik yang baik & produk yang memiliki potensi penjualan. 


2. Untuk meningkatkan keuntungan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan organik yang baik & memberikan keuntungan yang tinggi.


3. Untuk membuat produk baru semakin terlihat

Catatan: Pilih produk baru yang diinginkan dan tes potensi pasar produk tersebut. 


Catatan:

Pilih produk rekomendasi dengan icon yang menandakan bahwa produk tersebut memiliki tingkat penjualan & konversi yang tinggi.


Lampiran


Bagaimana cara mengatur Iklan Kata Kunci?

Buat dan atur iklan Anda dengan lebih mudah melalui Seller Centre dan aplikasi Shopee. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan membaca Panduan Pengguna Iklan Shopee di sini.


Bagaimana cara mengubah Kata Pencarian secara massal?

Anda bisa memasang Iklan Kata Kunci hingga 20 produk sekaligus dengan tipe Pilih Otomatis. Saat ini, tipe Pilih Otomatis masih tersedia dalam Versi BETA dan hanya dapat diakses oleh Penjual terpilih.

Untuk mengubah kata pencarian pada tipe “Pilih Otomatis” secara massal: 

  1. 1. Klik iklan Anda dan masuk ke halaman rincian iklan
  2. 2. Aktifkan tombol Pilih Otomatis

 Untuk mengubah kata pencarian untuk tipe “Pilih Manual” secara massal:

  1. 1. Klik iklan yang sudah dibuat
  2. 2. Pilih semua kata pencarian
  3. 3. Pilih menu Ubah Biaya Iklan Massal, Ubah Tipe Pencocokan Secara Massal, atau Hapus Massal untuk mengubah pengaturan kata pencarian.


Bagaimana cara mengubah Kata Pencarian secara individual?

  1. 1. Pilih produk yang relevan dengan kata pencarian di Statistik Produk pada halaman utama Iklan Shopee.
  2. 2. Untuk mengubah Waktu, arahkan kursor ke periode & klik simbol icon pensil di sebelah kanan. Anda dapat mengubah durasi menjadi “Tanpa Batas”, atau pilih tanggal mulai & berakhirnya iklan.
  3. 3. Untuk mengubah Modal, arahkan kursor ke biaya dan klik simbol icon pensil. Anda dapat mengubah modal menjadi “Tanpa Batas”, atau tentukan Modal Harian/Total Modal.
  4. 4. Untuk mengubah biaya iklan-per-klik biaya-per-klik, klik icon pensil dan masukkan biaya yang Anda inginkan > klik Konfirmasi.
  5. 5. Anda dapat menonaktifkan atau menghentikan iklan kapan pun, dengan mengklik tombol Nonaktifkan (menghentikan iklan sementara) atau Selesaikan (menghentikan iklan secara permanen).
  6. 6. Untuk menghapus kata pencarian, klik Hapus > klik Konfirmasi.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak