Iklan Kata Kunci

Tentang Iklan Kata Kunci

Iklan Kata Kunci membantu Pembeli untuk menemukan produk Anda di halaman hasil pencarian.



Mengapa harus menggunakan Iklan Kata Kunci?


1. Produk makin mudah terlihat

Iklan dapat ditampilkan di bagian yang mudah dilihat Pembeli, yaitu di posisi atas halaman hasil pencarian.


2. Meningkatkan potensi penjualan

Pembeli yang melakukan kata pencarian yang berhubungan dengan produk di Iklan Anda lebih berpotensi untuk melakukan pembelian.


3. Kemudahan mengatur pengeluaran

Atur pengeluaran dengan menentukan modal dan biaya-per-klik. Anda hanya akan membayar sesuai jumlah klik iklan.


Bagaimana cara kerja Iklan Kata Kunci?


1. Pilih produk yang ingin diiklankan

Pastikan nama, foto, dan rincian produk sudah lengkap & benar.


2. Atur kata pencarian yang sesuai dengan produk

Anda dapat mengatur kata pencarian sendiri atau aktifkan tombol Pilih Otomatis agar Shopee dapat mengatur kata pencarian untuk Anda.


3. Tentukan biaya-per-klik untuk setiap kata pencarian yang Anda atur sendiri

Biaya-per-klik adalah biaya maksimal yang Anda bayar untuk setiap klik pada iklan.


4. Tentukan biaya & periode iklan

  • Iklan akan terus terpasang hingga: 
  1. Biaya sudah mencapai batas modal yang ditentukan
  2. Kredit Iklanku habis
  3. Periode iklan berakhir


Bagaimana perhitungan biaya Iklan Kata Kunci?

Anda akan dikenakan biaya ketika Pembeli mengklik iklan. Biaya akan langsung dipotong dari Saldo Iklan.


Untuk melindungi Penjual dari beban biaya yang tidak efektif, sistem Shopee akan secara otomatis mendeteksi klik yang tidak sah. Contoh: beberapa klik pada satu Iklan dari pengguna yang sama akan dianggap sebagai klik yang tidak sah.


Bagaimana peringkat Iklan ditentukan?


Ketika beberapa Penjual menggunakan Iklan Kata Kunci untuk kata kunci yang sama, iklan Penjual lain dapat muncul bersamaan dengan iklan Anda.


Urutan iklan ditentukan oleh Peringkat Iklan. Peringkat iklan yang lebih tinggi akan membuat urutan iklan Anda lebih tinggi juga. Peringkat iklan ditentukan oleh 2 faktor: Biaya-per-klik & Relevansi kata pencarian


1. Biaya-per-klik

  • Ditentukan oleh:
  • Semakin tinggi biaya-per-klik, semakin tinggi urutan iklan.
  • Sistem akan secara otomatis menghitung biaya-per-klik terendah yang cukup untuk membuat urutan iklan Anda naik. Hasilnya, harga yang dikenakan biasanya lebih rendah dari biaya-per-klik yang sudah ditentukan


2. Relevansi kata pencarian

  • Ditentukan oleh:
  • Seberapa relevan produk dengan kata kunci yang ditentukan
  • Persentase klik (click-through-rate/CTR)
  • Persentase klik menunjukkan jumlah klik setelah Pembeli melihat iklan.
  • Persentase klik akan lebih tinggi jika iklan memiliki foto yang menarik, nama yang sesuai dan penilaian produk yang baik.
  • Semakin relevan kata kunci yang ditentukan & semakin tinggi persentase klik, semakin tinggi pula urutan iklan.


Contoh jika 3 Penjual menggunakan kata pencarian yang sama:


FAQ


1. Di mana Iklan Kata Kunci akan ditampilkan?


Aplikasi: Iklan Kata Kunci akan ditampilkan di 2 posisi pertama pada halaman hasil pencarian. Setelahnya, 1 iklan akan ditampilkan setelah tiap 3 produk pada halaman hasil pencarian.


Situs Shopee: Iklan Kata Kunci akan ditampilkan di 5 posisi pertama pada halaman hasil pencarian. Setelahnya, 5 iklan akan ditampilkan setelah tiap 40 produk pada halaman hasil pencarian.


Jumlah maksimal Iklan Kata Kunci yang ditampilkan untuk sebuah kata kunci adalah 60 iklan, baik pada aplikasi maupun Situs Shopee.


2. Apakah saya dapat mengubah kata kunci yang digunakan, biaya-per-klik, modal maupun durasi iklan setelah Iklan Kata Kunci berjalan?


Ya, Anda dapat menambahkan atau menghapus kata kunci, mengubah biaya-per-klik atau modal, juga mempersingkat atau memperpanjang durasi iklan kapan pun, bahkan setelah iklan berjalan.


3. Apakah saya dapat memantau performa Iklan Kata Kunci?


Ya, Anda dapat memantau performa Iklan Kata Kunci sampai dengan 90 hari terakhir. Cukup akses halaman Iklan Kata Kunci untuk mengetahui:

  • Berapa kali iklan dilihat
  • Berapa kali iklan diklik
  • Berapa kali produk iklan dipesan
  • Dan data performa iklan Anda lainnya


Pelajari cara Memantau Performa Iklan.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak