Iklan Pencarian Produk

Mengoptimalkan Performa Iklan Pencarian Produk

Bagaimana cara mengoptimalkan Iklan Pencarian Produk berdasarkan tujuan bisnis?


Untuk menggunakan Iklan Pencarian Produk dengan efektif, Anda harus:

1) Mengerti tujuan bisnis Anda

2) Mengetahui data-data dari performa iklan

3) Menentukan langkah yang perlu diambil untuk mengoptimalkan iklan berdasarkan tujuan bisnis tersebut.


1. Membuat produk semakin terlihat

Jika tujuan bisnis adalah untuk membuat produk Anda semakin terlihat, lakukan peninjauan pada metrik Iklan Pencarian Produk berikut:

  1. Dilihat (Impressions)dan Jumlah Klik(Clicks) yang menandakan berapa kali iklan Anda sudah dilihat dan diklik. Semakin besar, semakin baik.
  2. Persentase Klik (Click-Through-Rate/CTR) yang mengukur seberapa sering Pengguna melihat iklan Anda dan akhirnya mengklik iklan Anda.
  3. Kata kunci yang relevan terhadap produk yang diiklankan cenderung memiliki Persentase Klik yang lebih tinggi.
  4. Kata kunci dengan Persentase Klik tinggi cenderung memiliki urutan iklan yang lebih baik yang akan membantu produk Anda semakin terlihat.

Pantau Jumlah Dilihat dan Jumlah Klik pada level kata kunci dan produk, serta Persentase Klik pada level kata kunci.


Berikut langkah mengoptimalkan Iklan Pencarian Produk jika Anda ingin produk Anda semakin terlihat:

  1. Hal yang dapat Anda lakukan jika produk Anda belum mencapai Jumlah Dilihat yang diinginkan:
  2. Ganti kata kunci yang spesifik menjadi lebih luas. Contoh: Ubah kata kunci “lipstick merah tua” menjadi “lipstick”.
  3. Tambahkan kata kunci baru dengan pencocokan luas.
  4. Tambahkan biaya-per-klik untuk kata kunci dengan Jumlah Dilihat yang besar dan Persentase Klik yang tinggi untuk meningkatkan peringkat iklan.
  5. Jika biaya Anda terbatas, hapus atau turunkan biaya-per-klik untuk kata kunci dengan Jumlah Dilihat dan Persentase Klik yang kurang memuaskan.



2. Meningkatkan penjualan

Jika tujuan Anda untuk meningkatkan penjualan, pantau metrik berikut:

  1. Omzet Penjualan (Gross Merchandise Value/GMV) untuk melihat jumlah omzet penjualan dari semua produk yang Anda iklankan dalam 7 hari terakhir.
  2. Efektivitas Iklan (Return on Investment/ROI) untuk mengetahui efektivitas iklan Anda dibandingkan dengan biaya yang Anda pilih. Semakin tinggi, semakin baik.

Pantau omzet penjualan pada level kata kunci dan produk, serta efektivitas iklan pada level kata kunci.


Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan Iklan Kata Kunci Iklan Pencarian Produk jika tujuan Anda meningkatkan penjualan:

  1. Tambahkan biaya-per-klik untuk kata kunci dengan Omzet Penjualan yang baik untuk meningkatkan peringkat iklan.
  2. Ganti kata kunci dengan pencocokan luas menjadi pencocokan spesifik.
  3. Jika biaya terbatas, hapus kata kunci dengan Efektivitas Iklan rendah yang memberikan pendapatan rendah.


Jika produk-produk yang diiklankan masih memiliki omzet penjualan rendah setelah melakukan optimisasi:

  1. Untuk produk yang memiliki harga rendah: alokasikan biaya iklan untuk produk lain dengan harga lebih tinggi dan lebih laris.
  2. Perbarui rincian produk dengan nama, foto dan deskripsi yang menarik, serta pastikan harga yang Anda pasang kompetitif. Baca tips lengkap meningkatkan halaman rincian produk di sini.
  3. Untuk produk dengan harga yang lebih tinggi: jika Omzet Penjualan tidak meningkat setelah memperbarui rincian produk dan menurunkan harga, alokasikan biaya iklan untuk produk lain dengan harga lebih tinggi dan lebih laris.


3. Meningkatkan keuntungan

Jika tujuan Anda untuk mendapatkan keuntungan, pantau metrik berikut:

  1. Persentase Pengeluaran Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan (Cost-to-Income-Ratio/CIR) pada Iklan Pencarian Produk berfungsi untuk memahami persentase biaya yang berasal dari setiap kata kunci yang diiklankan.
  2. Pastikan Persentase Pengeluaran Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan lebih rendah daripada margin keuntungan untuk memastikan Anda mendapat untung melalui iklan.
  3. Contoh: Jika produk A dijual seharga Rp10.000 dengan modal Rp4.000, maka margin keuntungan adalah 60%, dan Persentase Pengeluaran Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan Iklan Pencarian Produk perlu lebih rendah dari 60%.


Langkah mengoptimalkan Iklan Pencarian Produk jika tujuan Anda meningkatkan keuntungan:

  1. Untuk kata kunci dengan Persentase Pengeluaran Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan lebih rendah
  2. Pertimbangkan menambah biaya-per-klik untuk kata kunci iklan Anda demi meningkatkan peringkat iklan.
  3. Untuk kata kunci dengan Persentase Pengeluaran Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan lebih tinggi
  4. Turunkan biaya-per-klik sambil memantau Jumlah Dilihat dan Jumlah Klik untuk memastikan kata kunci tetap stabil.
  5. Pertimbangkan untuk mengubah kata kunci yang terlalu luas menjadi lebih spesifik, sambil menurunkan biaya per-klik.


Lakukan langkah berikut jika produk yang Anda iklankan masih memiliki kata kunci dengan Persentase Pengeluaran Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan tinggi setelah melakukan optimisasi:

  1. Perbarui rincian produk dengan nama, foto, dan deskripsi yang menarik. Pastikan juga harga produk kompetitif untuk meningkatkan pesanan dari jumlah klik iklan.
  2. Jika Persentase Pengeluaran Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan tidak berkurang setelah melakukan langkah-langkah di atas, alokasikan biaya iklan pada produk yang lebih laris.


⚠️ Catatan

  1. Minimum Biaya-per-klik untuk Iklan Pencarian Produk adalah IDR 200
  2. Maksimum Biaya per-klik untuk Iklan Pencarian Produk adalah IDR 12.000

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Bagaimana cara mengoptimalkan Iklan Pencarian Produk berdasarkan tujuan bisnis?