Tips

Tentang Iklan Pencarian Produk

Iklan Pencarian Produk membantu Pembeli untuk menemukan produk Anda di halaman hasil pencarian.



Mengapa harus menggunakan Iklan Pencarian Produk?

1.Produk makin mudah terlihat

Iklan dapat ditampilkan di bagian yang mudah dilihat Pembeli, yaitu di posisi atas halaman hasil pencarian.


2.Meningkatkan potensi penjualan

Pembeli yang mencari kata pencarian yang berhubungan dengan produk di Iklan Anda lebih berpotensi untuk melakukan pembelian.


3. Kemudahan mengatur pengeluaran

Atur pengeluaran dengan menentukan modal dan biaya-per-klik. Anda hanya akan membayar sesuai jumlah klik iklan.



Bagaimana cara kerja Iklan Pencarian Produk?

1.Pilih produk yang ingin diiklankan

Pastikan nama, foto, dan rincian produk sudah lengkap & benar.


2.Atur kata pencarian yang sesuai dengan produk

Anda dapat mengatur kata pencarian sendiri atau aktifkan tombol Pilih Otomatis agar Shopee dapat mengatur kata pencarian untuk Anda.


3.Tentukan biaya-per-klik untuk setiap kata pencarian yang Anda atur sendiri

Biaya-per-klik adalah maks. biaya yang Anda bayar untuk setiap klik pada iklan.


4.Tentukan biaya & periode iklan

Iklan akan terus terpasang hingga: 

  1. Biaya sudah mencapai batas modal yang ditentukan
  2. Saldo Iklan habis
  3. Periode iklan berakhir



Bagaimana perhitungan biaya Iklan Pencarian Produk?

Anda akan dikenakan biaya ketika Pembeli mengklik iklan. Biaya akan langsung dipotong dari Saldo Iklan.


Untuk melindungi Penjual dari beban biaya yang tidak efektif, sistem Shopee akan secara otomatis mendeteksi klik yang tidak sah. Contoh: beberapa klik pada satu iklan dari Pengguna yang sama akan dianggap sebagai klik yang tidak sah.



Bagaimana peringkat Iklan ditentukan?

Ketika beberapa Penjual menggunakan Iklan Pencarian Produk untuk kata kunci yang sama, iklan Penjual lain dapat muncul bersamaan dengan iklan Anda.


Urutan iklan ditentukan oleh Peringkat Iklan. Peringkat iklan yang lebih tinggi akan membuat urutan iklan Anda lebih tinggi juga. Peringkat iklan ditentukan oleh 2 faktor: Biaya-per-klik & Relevansi kata pencarian


  1. Biaya-per-klik
  2. Ditentukan oleh Penjual.
  3. Semakin tinggi biaya-per-klik, semakin tinggi urutan iklan.
  4. Sistem akan secara otomatis menghitung biaya-per-klik terendah yang cukup untuk membuat urutan iklan Anda naik. Hasilnya, harga yang dikenakan biasanya lebih rendah dari biaya-per-klik yang sudah ditentukan.
  5. ⚠️ Catatan
  6. Minimum Biaya-per-klik untuk Iklan Pencarian Produk adalah IDR 200
  7. Maksimum Biaya per-klik untuk Iklan Pencarian Produk adalah IDR 12.000
  8. Relevansi kata pencarian
  9. Ditentukan oleh:
  10. Seberapa relevan produk dengan kata kunci yang ditentukan.
  11. Persentase Klik (Click-Through-Rate/CTR):
  12. Persentase Klik menunjukkan jumlah klik setelah Pembeli melihat iklan.
  13. Persentase Klik akan lebih tinggi jika produk yang diiklankan memiliki foto yang menarik, nama yang sesuai, dan penilaian yang baik.
  14. Semakin relevan kata kunci yang ditentukan & semakin tinggi persentase klik, semakin tinggi pula urutan iklan.


Contoh jika 3 Penjual menggunakan kata pencarian yang sama:


FAQ

1. Di mana Iklan Pencarian Produk akan ditampilkan?


Aplikasi: Iklan Pencarian Produk akan ditampilkan di 2 posisi pertama pada halaman hasil pencarian. Setelahnya, 1 iklan akan ditampilkan setelah tiap 3 produk pada halaman hasil pencarian.


Situs Shopee: Iklan Pencarian Produk akan ditampilkan di 5 posisi pertama pada halaman hasil pencarian. Setelahnya, 5 iklan akan ditampilkan setelah tiap 40 produk pada halaman hasil pencarian.


Jumlah maks. Iklan Pencarian Produk yang ditampilkan untuk sebuah kata kunci adalah 60 iklan, baik pada aplikasi maupun situs Shopee.


2. Apakah saya dapat mengubah kata kunci yang digunakan, biaya-per-klik, modal maupun durasi iklan setelah Iklan Pencarian Produk berjalan?


Ya, Anda dapat menambahkan atau menghapus kata kunci, mengubah biaya-per-klik atau modal, juga mempersingkat atau memperpanjang durasi iklan kapan pun, bahkan setelah iklan berjalan.


3. Apakah saya dapat memantau performa Iklan Pencarian Produk?


Ya, Anda dapat memantau performa Iklan Pencarian Produk sampai dengan 90 hari terakhir. Cukup akses halaman Iklan Pencarian Produk untuk mengetahui:

  1. Berapa kali iklan dilihat
  2. Berapa kali iklan diklik
  3. Berapa kali produk iklan dipesan
  4. Data performa iklan Anda lainnya


Pelajari cara Memantau Performa Iklan di sini.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Mengapa harus menggunakan Iklan Pencarian Produk?

Bagaimana cara kerja Iklan Pencarian Produk?

Bagaimana perhitungan biaya Iklan Pencarian Produk?

Bagaimana peringkat Iklan ditentukan?

FAQ