Tips

Memantau Performa Iklan

Apa saja metrik performa iklan yang bisa dilihat?

Berikut beberapa metrik yang digunakan pada laporan performa iklan Anda:


Dilihat (Impression

Akumulasi jumlah berapa kali semua iklan Anda dilihat pada halaman hasil pencarian Shopee. Semakin banyak jumlah dilihat, semakin luas jangkauan iklan Anda ke Pembeli.  


• Jumlah Klik (Clicks)

Akumulasi jumlah berapa kali semua iklan Anda diklik pada halaman hasil pencarian Shopee.


• Persentase Klik (Click-Through-Rate/CTR)

Pengukur seberapa sering Pengguna melihat iklan Anda dan akhirnya mengklik iklan Anda. Semakin tinggi jumlah persentase klik, dapat diasumsikan semakin menarik/relevan iklan Anda bagi Pengguna.


Persentase Klik = Jumlah Klik ÷ Jumlah Dilihat. 


Contoh:

Jika Jumlah Dilihat iklan Anda adalah 100 dan Jumlah Klik adalah 20, maka Persentase Klik iklan Anda adalah 20%.


• Jumlah Pesanan (Orders)

Akumulasi jumlah pesanan dibuat (termasuk pesanan yang telah/belum dibayar, COD (Bayar di Tempat), serta dibatalkan/dikembalikan) dari iklan Anda dalam 7 hari terakhir.


• Produk Terjual (Items Sold)

Akumulasi jumlah produk yang terjual (termasuk pesanan yang telah/belum dibayar, COD (Bayar di Tempat), serta dibatalkan/dikembalikan) dari iklan Anda dalam 7 hari terakhir.


Contoh:

Jika Anda mengiklankan sebuah kaos, kemudian ada 1 Pembeli yang membeli 3 kaos sekaligus, maka jumlah pesanan yaitu 1 dan jumlah produk terjual adalah 3.



• Omzet Penjualan (Gross Merchandise Value/GMV)

Akumulasi jumlah omzet penjualan dari iklan untuk semua produk yang Anda iklankan dalam 7 hari terakhir.



• Biaya (Expense)

Akumulasi biaya yang Anda keluarkan untuk iklan Anda selama periode yang Anda pilih. Pastikan biaya yang Anda keluarkan sesuai dengan modal Anda untuk iklan.


• Efektivitas Iklan (Return on Investment/ROI)

Pengukur seberapa efektif iklan Anda dibandingkan dengan biaya iklan yang Anda keluarkan.


Efektivitas Iklan = Omzet Penjualan ÷ Biaya


• Cost-to-Income-Ratio (CIR)

Persentase biaya yang berasal dari setiap kata kunci yang diiklankan. Semakin kecil nilainya, semakin efisien performa iklan


CIR = Biaya ÷ Omzet Penjualan x 100%


Apa itu Peringkat Rata-rata (Average Ranking) pada Iklan Kata Kunci?


Peringkat Rata-rata (Average Ranking)

Menunjukkan rata-rata peringkat iklan dibandingkan dengan iklan lain dengan kata pencarian yang sama di halaman hasil pencarian, bukan rata-rata peringkat dibandingkan dengan semua hasil pencarian


Jika peringkat iklan Anda 8, artinya iklan Anda akan muncul di posisi iklan ke-8, bukan posisi hasil pencarian ke-8. Semakin kecil angka peringkat, berarti semakin baik penempatan iklan Anda karena dekat dengan bagian teratas hasil pencarian. Contoh: peringkat 1 lebih baik dari peringkat 2, peringkat 2 lebih baik dari peringkat 3, dan seterusnya.


Catatan: Semua angka pada metrik di atas dihitung secara kumulatif tanpa mengikutsertakan metrik yang tidak sah. Contoh: beberapa klik pada satu iklan dari Pengguna yang sama akan dianggap sebagai klik yang tidak sah dan tidak dihitung pada metrik Jumlah Klik.


Apa itu Produk Dilihat, Jumlah Klik Produk, dan Persentase Klik Produk pada Iklan Toko?


Produk Dilihat

Mengacu pada berapa kali produk di halaman toko Anda dilihat oleh Pembeli yang log in setelah klik Iklan Toko.


Contoh: jika Pembeli klik Iklan Toko dan melihat 10 produk di halaman toko Anda sebelum memilih untuk keluar, jumlah Produk Dilihat adalah 10 kali. Tingginya angka Produk Dilihat menunjukkan bahwa Pembeli mengunjungi toko Anda setelah klik iklan toko.


Jumlah Klik Produk

Mengacu pada berapa kali produk di halaman toko Anda diklik oleh Pembeli yang log in setelah klik toko Anda.


Contoh: jika Pembeli klik Iklan Toko kemudian klik pada 4 produk di halaman toko, Anda akan mendapatkan 1 Klik Toko dan 4 Klik Produk. Dengan demikian, Jumlah Klik Produk mungkin lebih tinggi daripada Jumlah Klik Toko karena Pembeli yang tertarik dapat klik beberapa produk setelah klik Iklan Toko Anda.


Persentase Klik Produk

Mengukur persentase berapa kali Pembeli klik produk Anda setelah melihatnya di halaman toko Anda dan mengklik Iklan Toko Anda.


  • Persentase Klik Produk = Jumlah Klik Produk ÷ Produk Dilihat.
  • Contoh: jika Anda memiliki 100 Produk Dilihat dan 20 Jumlah Klik Produk, Persentase Klik Produk Anda adalah 20%. Tingginya Persentase Klik Produk menunjukkan bahwa produk di halaman toko Anda menarik bagi Pembeli.


Apa saja fitur untuk memantau performa iklan?

Setelah membuat Iklan Kata Kunci, Anda dapat memantau performa iklan melalui halaman Iklan Kata Kunci melalui Statistik Keseluruhan & Statistik Produk.



Statistik Keseluruhan 

Di bagian atas halaman Iklan Kata Kunci, Anda dapat melihat grafik statistik untuk memahami performa iklan yang telah dibuat. 


Anda dapat melihat laporan performa periode tertentu dengan memilih waktu di menu drop-down.

Untuk meng-download laporan statistik keseluruhan, pilih periode yang Anda inginkan, kemudian klik Download Data.


Statistik Produk

Menampilkan detail performa tiap iklan yang dibuat. Untuk meng-download laporan statistik produk, klik produk yang Anda ingin download terlebih dahulu. Kemudian pilih periode yang Anda inginkan & klik Download Data.



Catatan: 

  1. 1. Saat membuat iklan untuk pertama kali, Anda sebaiknya menunggu 2 minggu sebelum meng-download laporan agar Anda mendapatkan informasi yang cukup.
  2. 2. Cek performa iklan Anda 1 kali setiap hari. Anda dapat mengecek lebih sering jika performa iklan tidak sesuai dengan target Anda. Pelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan performa iklan di sini.
  3. 3. Download dan simpan laporan iklan Anda secara berkala. Anda dapat meng-download data hingga 90 hari terakhir.


Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak