Tips

Memantau Performa Iklan

Apa saja metrik performa iklan yang bisa dilihat?

Berikut beberapa metrik yang digunakan pada laporan performa iklan Anda:


  1. Dilihat (Impression

Akumulasi jumlah berapa kali semua iklan Anda dilihat oleh Pembeli yang mengakses halaman hasil pencarian. Semakin besar angka Dilihat (Impressions), semakin luas jangkauan iklan Anda ke Pembeli. 


  1. Jumlah Klik (Clicks)

Akumulasi jumlah berapa kali semua iklan Anda diklik pada halaman hasil pencarian Shopee.


  1. Persentase Klik (Click-Through-Rate/CTR)

Persentase Klik mengukur seberapa sering Pembeli mengklik setelah melihat iklan Anda.

  1. Persentase Klik = (Jumlah Klik ÷ Jumlah Dilihat) x 100%

Contoh: Jika jumlah Impressions dari iklan Anda adalah 100 dan Jumlah Klik adalah 10, maka Persentase Klik (CTR) iklan Anda adalah 10%. Semakin tinggi nilai CTR, semakin baik performa iklan Anda karena hal tersebut menggambarkan ketertarikan Pembeli yang lebih tinggi pada iklan Anda.


  1. Pesanan (Orders)

Akumulasi jumlah pesanan dibuat dari produk yang diiklankan maupun produk lain dari toko Anda dalam 7 hari setelah iklan diklik.


*Catatan

  1. Metrik ini diluncurkan kembali pada 24 Juni 2021 dan kini dapat digunakan untuk melacak total pesanan yang dihasilkan dari iklan Anda dibandingkan dengan total pesanan toko Anda.
  2. Harap perhatikan bahwa data untuk “Pesanan” hanya tersedia mulai 24 Juni 2021.



  1. Konversi (Conversions)

Jumlah produk yang terjual di setiap pesanan, baik dari produk yang diiklankan maupun produk lain dari toko Anda dalam 7 hari setelah iklan diklik.

  1. Apabila Pembeli mengklik dan membeli beberapa produk yang Anda iklankan dalam 1 pesanan, maka setiap produk yang diiklankan akan mendapatkan 1 Konversi.
  2. Selain itu, iklan yang terakhir kali diklik akan mendapatkan 1 Konversi dari penjualan setiap produk toko Anda dalam satu pesanan yang sama


  1. Produk Terjual (Items Sold)

Akumulasi jumlah pembelian produk dari produk yang diiklankan, serta dibatalkan/dikembalikan, maupun produk lainnya dari toko Anda dalam 7 hari setelah iklan diklik.


  1. Satu pesanan dapat terdiri dari beberapa produk terjual.

Contoh: Jika Anda mengiklankan sebuah kaos, kemudian ada 1 Pembeli yang membeli 3 kaos sekaligus, maka jumlah pesanan adalah 1 dan jumlah produk terjual adalah 3.`


  1. Omzet Penjualan (Gross Merchandise Value/GMV)

Akumulasi jumlah omzet penjualan dari produk yang diiklankan maupun produk lain dari toko Anda dalam 7 hari setelah iklan diklik. 


  1. Biaya (Expense)

Akumulasi biaya yang Anda keluarkan untuk iklan Anda selama periode yang Anda pilih. Pastikan biaya iklan sesuai dengan modal yang Anda rencanakan.


  1. Efektivitas Iklan (Return On Advertising Spend/ROAS)

Pengukur pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk yang diiklankan dibandingkan dengan Biaya Iklan. Semakin tinggi nilai Efektivitas Iklan, semakin baik.

  1. Efektivitas Iklan = Omzet Penjualan ÷ Biaya

Contoh: Jika Omzet Penjualan dari iklan Anda Rp3.000.000 dan Biaya Iklan yang dikeluarkan Rp600.000, maka Efektivitas Iklan Anda adalah 5.


  1. Persentase Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan (Advertising Cost of Sales/ACOS)

Pengukur biaya yang digunakan untuk mengiklankan produk terhadap omzet penjualan yang diperoleh dari produk yang diiklankan. 

  1. Persentase Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan = (Biaya ÷ Omzet Penjualan) x 100%

Contoh: Jika Biaya Iklan yang dikeluarkan Rp600.000 dan Omzet Penjualan dari iklan Anda Rp3.000.000, maka nilai ACOS Anda adalah 20%.


  1. Rasio Konversi (Conversion Rate/CR)

Jumlah konversi penjualan untuk produk yang diiklankan dan produk lain dari toko Anda per 1 kali klik. 

  1. Rasio Konversi = Konversi ÷ Jumlah Klik x 100%


  1. Biaya per Konversi 

Biaya rata-rata per konversi penjualan.

  1. Biaya per Konversi = Biaya ÷ Konversi


  1. Konversi Langsung

Jumlah produk yang terjual dari produk yang diiklankan dalam waktu 7 hari setelah iklan diklik. 

  1. Apabila Pembeli mengklik dan membeli beberapa produk yang diiklankan dalam satu pesanan, maka setiap produk yang diiklankan akan memiliki 1 Konversi Langsung. 
  2. Untuk Iklan Pencarian Toko, Konversi Langsung meliputi:
  3. Produk yang ditampilkan di Iklan Pencarian Toko yang diklik dan dibeli dalam 7 hari*.
  4. Produk yang diklik pada halaman tujuan iklan (halaman toko Penjual) dalam 1 hari setelah iklan diklik dan dibeli dalam 7 hari.


*Catatan:

  1. Tidak semua Iklan Pencarian Toko yang ditampilkan kepada Pembeli menampilkan produk dari toko Anda, untuk informasi lebih lanjut, klik di sini.


  1. Terjual Langsung (Direct Items Sold)

Pengukur jumlah produk yang diiklankan dibeli oleh Pembeli dalam 7 hari setelah iklan diklik.

  1. Untuk Iklan Pencarian Toko, jumlah total produk meliputi:
  2. Produk yang ditampilkan di Iklan Pencarian Toko yang diklik dan dibeli dalam 7 hari.
  3. Produk yang diklik pada halaman tujuan iklan (halaman toko Penjual) dalam 1 hari setelah iklan diklik dan dibeli dalam 7 hari


  1. Omzet Iklan Langsung (Direct Gross Merchandise Value/GMV)

Pengukur jumlah omzet penjualan dari produk yang diiklankan dalam 7 hari setelah iklan diklik. 

  1. Untuk Iklan Pencarian Toko, jumlah penjualan produk meliputi:
  2. Produk yang ditampilkan di Iklan Pencarian Toko yang diklik dan dibeli dalam 7 hari.
  3. Produk yang diklik pada halaman tujuan iklan (halaman toko Penjual) dalam 1 hari setelah iklan diklik dan dibeli dalam 7 hari.


  1. Efektivitas Iklan Langsung (Direct Return On Advertising Spend/ROAS)

Pengukur pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk yang diiklankan dibandingkan dengan Biaya Iklan. Semakin tinggi nilai Efektivitas Langsung, semakin baik

  1. Efektivitas Langsung = Omzet Iklan Langsung ÷ Biaya

Contoh: Jika Omzet Iklan Langsung Rp3.000.000 dan Biaya Iklan Rp600.000, maka nilai Efektivitas Langsung adalah 5.


  1. Persentase Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan Langsung (Direct Advertising Cost of Sales/ACOS Iklan Langsung)

Pengukur biaya yang digunakan untuk mengiklankan produk terhadap omzet penjualan yang diperoleh dari produk yang diiklankan. Semakin kecil nilainya, semakin baik. 

  1. ACOS = (Biaya ÷ Omzet Iklan Langsung) x 100%

Contoh: Jika Biaya Iklan Rp600.000 dan Omzet Iklan Langsung Rp3.000.000, maka ACOS Iklan Langsung Anda adalah 20%


  1. Rasio Konversi Langsung (Direct Conversion Rate/Direct CR)

Pengukur konversi penjualan untuk produk yang diiklankan per klik iklan.

  1. Rasio Konversi Langsung = Konversi Langsung ÷ Jumlah Klik x 100%


  1. Biaya per Konversi Langsung (Cost Per Direct Conversion

Pengukur biaya rata-rata per konversi langsung. 

  1. Biaya per Konversi Langsung = Biaya ÷ Konversi Langsung


  1. Biaya per Seribu Dilihat (Cost per Thousand Impressions/CPM)

Pengukur biaya untuk seribu tayangan iklan.

  1. Biaya per Seribu Dilihat = (Biaya ÷ Dilihat) x 1000
  2. [Hanya untuk Iklan Halaman Strategis] Biaya per Seribu Dilihat akan ditetapkan ketika Iklan Halaman Strategis Anda telah dipesan. Anda hanya akan membayar berdasarkan tayangan iklan aktual yang ditampilkan selama kampanye Iklan Halaman Strategis (Display Ads) Anda aktif.


Apa perbedaan antara Jumlah Pesanan, Konversi, dan Produk Terjual?


Masing-masing metrik membantu Anda untuk mengetahui seberapa baik iklan Anda menghasilkan penjualan pada tingkat yang berbeda:

  1. Jumlah Pesanan mengukur berapa banyak pesanan yang dihasilkan iklan Anda.
  2. Konversi mengukur berapa banyak jenis produk yang terjual di setiap pesanan yang dihasilkan iklan Anda.
  3. Produk Terjual mengukur akumulasi produk yang terjual di setiap pesanan yang dihasilkan iklan Anda.


Sebagai contoh, jika Pembeli mengklik iklan Anda untuk produk A, kemudian membeli 2 produk A dan 3 produk B dalam satu pesanan, maka:

  1. Jumlah Pesanan = 1
  2. Konversi = 2
  3. Jenis produk yang terjual adalah produk A dan B
  4. Produk Terjual = 5
  5. Akumulasi dari 2 produk A dan 3 produk B



Apa itu Peringkat Rata-rata (Average Ranking) pada Iklan Pencarian Produk?


  1. Peringkat Rata-rata (Average Ranking)

Menunjukkan rata-rata peringkat iklan dibandingkan dengan iklan lain dengan kata pencarian yang sama di halaman hasil pencarian, bukan rata-rata peringkat dibandingkan dengan semua hasil pencarian


Jika peringkat iklan Anda adalah 8, artinya iklan Anda akan muncul di posisi iklan ke-8, bukan posisi hasil pencarian ke-8. Semakin kecil angka peringkat, berarti semakin baik penempatan iklan Anda karena dekat dengan bagian teratas hasil pencarian. Contoh: Peringkat 1 lebih baik dari peringkat 2, peringkat 2 lebih baik dari peringkat 3, dan seterusnya.


Catatan: Semua angka pada metrik di atas dihitung secara kumulatif tanpa mengikutsertakan metrik yang tidak sah. Contoh: Beberapa klik pada satu iklan dari Pengguna yang sama akan dianggap sebagai klik yang tidak sah dan tidak dihitung pada metrik Jumlah Klik.


Apa itu Produk Dilihat, Jumlah Klik Produk, dan Persentase Klik Produk pada Iklan Pencarian Toko?


  1. Produk Dilihat

Mengacu pada berapa kali produk di halaman toko Anda dilihat oleh Pembeli yang log in setelah klik Iklan Pencarian Toko.


Contoh: Jika Pembeli klik Iklan Pencarian Toko dan melihat 10 produk di halaman toko Anda sebelum memilih untuk keluar, jumlah Produk Dilihat adalah 10 kali. Tingginya angka Produk Dilihat menunjukkan bahwa Pembeli mengunjungi toko Anda setelah klik iklan pencarian toko.


  1. Jumlah Klik Produk

Mengacu pada berapa kali produk di halaman toko Anda diklik oleh Pembeli yang log in setelah klik toko Anda.


Contoh: Jika Pembeli klik Iklan Pencarian Toko kemudian klik pada 4 produk di halaman toko, Anda akan mendapatkan 1 Klik Toko dan 4 Klik Produk. Dengan demikian, Jumlah Klik Produk mungkin lebih tinggi daripada Jumlah Klik Toko karena Pembeli yang tertarik dapat klik beberapa produk setelah klik Iklan Pencarian Toko Anda.


  1. Persentase Klik Produk

Mengukur persentase berapa kali Pembeli klik produk Anda setelah melihatnya di halaman toko Anda dan mengklik Iklan Pencarian Toko Anda.

  1. Persentase Klik Produk = (Jumlah Klik Produk ÷ Produk Dilihat) x 100%


Contoh: Jika Anda memiliki 100 Produk Dilihat dan 20 Jumlah Klik Produk, Persentase Klik Produk Anda adalah 20%. Tingginya Persentase Klik Produk menunjukkan bahwa produk di halaman toko Anda menarik bagi Pembeli.


Apa yang Dimaksud dengan Jangkauan (Reach), Jumlah Pengunjuk Unik (Unique Visitors), dan Halaman Terlihat (Page Views) untuk Iklan Halaman Strategis?


  1. Jangkauan (Reach)

Jangkauan didapatkan dari jumlah total Pembeli yang telah melihat Iklan Halaman Strategis Anda selama durasi kampanye.


Misalnya, jika Anda menjalankan kampanye 7 hari dan pembeli yang sama melihat Iklan Halaman Strategis Anda pada Hari ke-1 dan Hari ke-5, Anda akan mendapatkan 1 Jangkauan.


  1. Jumlah Pengunjung Unik (Unique Visitors)

Pengunjung Unik mengacu pada jumlah total Pembeli unik yang mengunjungi halaman toko dan/atau halaman produk Anda dalam waktu 24 jam setelah mengklik Iklan Halaman Strategis Anda.


  1. Halaman Terlihat (Page Views)

Halaman Terlihat mengacu pada total tampilan halaman toko dan/atau halaman produk Anda dalam waktu 24 jam setelah klik pada Iklan Halaman Strategis Anda.


Misalnya, jika pembeli mengklik Iklan Halaman Strategis Anda, masuk ke halaman toko Anda, dan melanjutkan dengan mengklik produk yang tercantum, Anda akan mendapatkan 2 Halaman Terlihat (Page Views). Halaman Terlihat (Page views) yang lebih tinggi dibandingkan dengan Pengunjung Unik (Unique Visitors) menunjukkan bahwa pembeli menjelajahi toko Anda setelah Iklan Halaman Strategis yang aktif mendorong tingkat kesadaran (awareness).


Di mana Anda dapat memeriksa performa dari iklan Anda?


Periksa performa iklan Anda melalui aplikasi Shopee Anda atau dengan masuk ke Seller Centre di browser Anda.


  1. Melalui aplikasi Shopee
  2. Klik menu “Saya”.
  3. Klik “Toko Saya” di bagian kiri atas.
  4. Klik “Iklan Shopee”
  5. Pilih iklan yang ingin Anda cek dengan klik "Iklan Pencarian Produk", "Iklan Produk Serupa", atau “Iklan Halaman Strategis”
  6. Klik pada produk untuk melihat performa setiap produk sesuai dengan periode yang Anda inginkan.


  1. Melalui Seller Centre

Log in ke Seller Centre dan klik “Iklan Shopee”. Anda dapat memantau performa iklan di bagian “Semua Statistik Iklan”.


Kapan dan seberapa sering saya harus meninjau data performa iklan saya?

  1. Saat membuat iklan untuk pertama kali, Anda sebaiknya menunggu 2 minggu sebelum meng-download laporan agar Anda mendapatkan informasi yang cukup.
  2. Periksa performa iklan Anda setidaknya 1 kali sehari setelah 2 minggu. Anda dapat memeriksa iklan Anda lebih sering jika iklan Anda tidak bekerja sesuai dengan harapan Anda dan lanjutkan dengan pengoptimalan iklan.
  3. Download dan simpan laporan iklan Anda secara berkala. Anda dapat mengunduh data hingga 90 hari terakhir.



Video Metriks Penting Iklan Shopee

Jangan lupa juga untuk menonton video iklan shopee lainnya di sini.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Apa saja metrik performa iklan yang bisa dilihat?

Apa itu Peringkat Rata-rata (Average Ranking) pada Iklan Pencarian Produk?

Apa itu Produk Dilihat, Jumlah Klik Produk, dan Persentase Klik Produk pada Iklan Pencarian Toko?

Apa yang Dimaksud dengan Jangkauan (Reach), Jumlah Pengunjuk Unik (Unique Visitors), dan Halaman Terlihat (Page Views) untuk Iklan Halaman Strategis?

Di mana Anda dapat memeriksa performa dari iklan Anda?

Kapan dan seberapa sering saya harus meninjau data performa iklan saya?