Tips

Cara Mengatur Tipe Pilih Otomatis pada Iklan Kata Kunci

Dengan menggunakan tipe Pilih Otomatis pada Iklan Kata Kunci, Shopee akan memilih kata kunci yang sesuai untuk produk Anda. Gunakan fitur ini melalui menu Iklan Shopee di Seller Centre dan aplikasi Shopee.


Berikut beberapa tips jika Anda ingin mengatur kata pencarian dengan tipe Pilih Otomatis pada Iklan Kata Kunci


  1. 1.  Iklankan produk terlaris di toko Anda
  2. a. Produk terlaris dianggap memiliki foto dan deskripsi produk yang menarik, ulasan yang baik, dan harga yang kompetitif.
  3. i. Anda juga dapat mempromosikan produk baru atau produk yang belum terjual dan belum memiliki ulasan. Namun, performa iklan mungkin tidak akan sebaik produk terlaris. 
  4. b. Atur Saldo Iklan setidaknya Rp35.000 untuk setiap produk yang diiklankan. Jumlah saldo tersebut memungkinkan iklan untuk berjalan selama 2 minggu dan memberikan Shopee data yang cukup untuk mengoptimalkan iklan Anda (lihat poin 3-5 untuk informasi lebih lanjut).
  5. c. Untuk meningkatkan penjualan harian Anda (5-20%), Shopee menyarankan untuk membuat 20-40 Iklan Kata Kunci di waktu yang bersamaan.
  6. i. Hal ini untuk mengetahui iklan dengan performa yang paling baik.
  7. ii. Untuk memudahkan Anda dalam membuat Iklan Kata Kunci, gunakan pengaturan massal dengan tipe Pilih Otomatis.
  8. d. Jika Anda mengatur Iklan Kata Kunci dengan tipe Pilih Otomatis, iklan akan menggunakan riwayat penjualan, nama iklan, dan atribut iklan produk Anda untuk menentukan kata pencarian dan biaya-per-klik yang cocok untuk digunakan. Semakin akurat data, semakin baik performa iklan Anda.


  1. 2. Atur modal harian antara Rp2.500 - Rp5.000
  2. a. Beberapa iklan akan memiliki performa yang lebih baik dari yang lainnya. Anda disarankan untuk mengontrol biaya setiap iklan sebelum mengoptimalkannya.


  1. 3. Cek iklan Anda setelah 5 - 7 hari
  2. a. Tingkatkan modal harian jika iklan memiliki performa yang baik (menghasilkan penjualan dan Efektivitas Iklan yang dapat diterima)
  3. i. Shopee menyarankan untuk menaikkan modal harian 2-3x lipat.
  4. b. Nonaktifkan tipe Pilih Otomatis jika iklan tidak memiliki performa yang baik (tidak menghasilkan penjualan atau Efektivitas Iklan yang tidak dapat diterima).
  5. ii. Jika Anda ingin tetap mengiklankan produk tersebut, Anda mungkin ingin menggunakan kata pencarian manual atau Iklan Produk Serupa.


  1. 4. Cek iklan Anda setiap 1 - 4 minggu
  2. a. Ubah modal menjadi tanpa batas jika iklan memiliki performa yang baik.


  1. 5. Jika Anda ingin lebih mengoptimalkan performa Iklan Kata Kunci:
  2. a. Cek iklan Anda pada hari ke-4 dan ke-7 setelah iklan dipasang.
  3. b. Naikkan modal harian 2-3x lipat agar performa iklan baik.
  4. c. Jika iklan tidak memiliki performa yang baik: 
  5. i. Jika jumlah dilihat/impressions iklan lebih rendah dari 200 per hari.
  6. 1. Tambah kata pencarian secara manual
  7. 2. Jika modal harian sudah habis meskipun jumlah dilihat lebih rendah dari 200, nonaktifkan tipe Pilih Otomatis dan tambahkan kata pencarian secara manual. Biaya-per-klik yang diatur oleh sistem kemungkinan terlalu tinggi.
  8. a. Anda dapat mengecek apakah modal harian sudah habis saat mengatur modal harian dari iklan.

  1. d. Jika jumlah dilihat/impressions lebih tinggi dari 200 per hari, tetapi jumlah klik lebih rendah 100-200, tetap jalankan iklan.
  2. e. Jika jumlah klik lebih tinggi dari 100-200, nonaktifkan tipe Pilih Otomatis dan tambahkan kata pencarian secara manual.


Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang cara Mengoptimalkan Performa Iklan Kata Kunci.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak