Tips

Mengoptimalkan Iklan Pencarian Toko

Artikel ini berisi cara mengoptimalkan Iklan Pencarian Toko berdasarkan tujuan bisnis Anda. Jika Anda menggunakan Iklan Pencarian Toko untuk pertama kalinya, baca artikel Cara Membuat Iklan Pencarian Toko.


Shopee merekomendasikan Anda untuk mengaktifkan iklan minimum selama 2 minggu. Hal ini memungkinkan Anda memiliki data yang cukup untuk mengoptimalkan iklan. Jika Anda memiliki modal yang terbatas, Anda dapat mengurangi biaya-per-klik atau mengatur modal per hari.


Berikut cara mengoptimalkan iklan berdasarkan tujuan bisnis Anda:


Untuk membuat toko semakin dikunjungi Pembeli

Pantau metrik berikut ini untuk Iklan Pencarian Toko Anda, baik dari aspek iklan maupun dari aspek kata pencarian:

  1. Dilihat dan Jumlah Klik untuk mengetahui seberapa efektif Iklan Pencarian Toko Anda dalam meningkatkan kunjungantoko Anda.
  2. Dilihat dan Jumlah Klik untuk mengetahui seberapa besar ketertarikan Pembeli terhadap produk Anda dari Pembeli yang mengklik Iklan Pencarian Toko.


Cara mengoptimalkan Iklan Pencarian Toko untuk meningkatkan popularitas toko:

  1. Jika jumlah Toko Dilihat Anda rendah:
  2. Tambahkan kata pencarian jika kata pencarian yang Anda gunakan kurang dari 10, terutama yang memiliki tingkat pencarian tinggi dan relevan dengan toko Anda.
  3. Gunakan Pencocokan Luas sehingga toko Anda dapat lebih sering muncul di berbagai halaman hasil pencarian.
  4. Kenali kata pencarian yang tidak berpengaruh pada peningkatan jumlah Dilihat, tingkatkan biaya-per-klik secara bertahap dan monitor peningkatan jumlah Dilihat.
  5. Jika tidak ada peningkatan, atau biaya-per-klik terlalu tinggi, pertimbangkan untuk menghilangkan beberapa kata pencarian sesuai dengan modal Anda.
  6. Jika Jumlah Klik Toko Anda rendah:
  7. Jika seluruh atau hampir seluruh kata pencarian memiliki jumlah klik rendah, tinjau foto & slogan Iklan Pencarian Toko. Pastikan foto & slogan tersebut relevan dengan kata kunci yang Anda gunakan.
  8. Untuk beberapa kata pencarian, kemungkinan kata pencarian tersebut tidak relevan dengan Iklan Pencarian Toko Anda. Pertimbangkan untuk menghapus kata pencarian atau turunkan biaya-per-klik secara bertahap, terutama jika kata pencarian juga memiliki tingkat jumlah Toko Dilihat yang rendah.
  9. Jika Anda menemukan kata pencarian dengan tingkat Persentase Klik rendah, kata pencarian tersebut kemungkinan tidak relevan dengan halaman iklan Anda. Pertimbangkan menghapus kata pencarian tersebut atau turunkan biaya-per-klik secara bertahap.


Pantau metrik untuk Iklan Pencarian Toko, baik dari aspek iklan maupun dari aspek kata pencarian:

  1. Omzet Penjualan untuk melihat pendapatan penjualan dari Iklan Pencarian Toko. 
  2. Efektivitas Iklan untuk memahami kata pencarian mana yang secara efektif menghasilkan pendapatan dari setiap modal yang dikeluarkan.
  3. Persentase Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan (Cost-to-Income-Ratio/CIR) untuk mengetahui jumlah omzet yang dapat dihasilkan dari setiap biaya yang dikeluarkan. Semakin kecil nilainya, semakin efisien performa iklan.


Bagaimana cara mengoptimalkan Iklan Pencarian Toko Anda jika tujuan bisnis Anda adalah untuk meningkatkan keuntungan:

  1. Untuk kata pencarian dengan tingkat Efektivitas Iklan tinggi, pertahankan biaya-per-klik yang kompetitif untuk memastikan Iklan Pencarian Toko Anda muncul di halaman hasil pencarian. Anda dapat memeriksa apakah Iklan Pencarian Toko Anda ditampilkan dengan melihat tren jumlah Dilihat dari waktu ke waktu.
  2. Jika Iklan Pencarian Toko tidak muncul, Anda dapat mengatur biaya-per-klik lebih kompetitif dan memantau apakah jumlah Dilihat dari Iklan Pencarian Toko meningkat. Anda dapat menggunakan biaya-per-klik yang direkomendasikan untuk mengukur bagaimana Penjual lain mengatur biaya-per-klik.
  3. Untuk kata pencarian dengan Efektivitas Iklan rendah:
  4. Ubah tipe pencocokan kata pencarian ke Pencocokan Spesifik (jika Anda menggunakan Pencocokan Luas) untuk membatasi Iklan Pencarian Toko Anda muncul hanya untuk kata pencarian yang Anda inginkan. 
  5. Turunkan biaya-per-klik secara bertahap untuk mengurangi modal Anda. Jika Efektivitas Iklan tidak membaik, pertimbangkan menghapus kata pencarian.
  6. Untuk kata pencarian tanpa Efektivitas Iklan:


Periksa tingkat munculnya iklan Anda dengan melihat tren jumlah Toko Dilihat dalam 7 hari terakhir.

  1. Jika tidak ada, Iklan Pencarian Toko Anda kemungkinan tidak ditampilkan di hasil pencarian. Pertimbangkan menaikkan biaya-per-klik secara bertahap untuk melihat apakah jumlah Dilihat dan Efektivitas Iklan meningkat.
  2. Jika ada, tetapi tidak ada Jumlah Klik, pertimbangkan untuk menghapus kata pencarian untuk menghemat modal Anda.
  3. Jika Efektivitas Iklan rendah di seluruh atau sebagian besar kata kunci, tinjau halaman iklan.
  4. Pastikan produk yang ditampilkan menarik dan relevan dengan kata kunci.
  5. Jika harga produk terlalu rendah untuk mengimbangi biaya-per-klik, pertimbangkan untuk membuat kategori toko baru dengan harga produk yang lebih tinggi dan produk yang lebih populer, serta gunakan kategori tersebut sebagai halaman iklan.


Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Untuk membuat toko semakin dikunjungi Pembeli