Tips

Cara Mengoptimalkan Iklanku dengan Baik

Bagaimana perhitungan biaya Iklanku?

Pemasangan iklan tidak akan dikenakan biaya apa pun. Anda hanya perlu membayar ketika Pembeli mengklik iklan Anda.


Bagaimana cara mengatur pengeluaran Iklanku?

Anda dapat mengatur pengeluaran iklan Anda dengan dua cara:


1. Atur Biaya-Per-Klik Iklan Anda

Biaya-per-klik menunjukkan harga tertinggi yang ingin Anda bayarkan untuk setiap klik. Berikut petunjuk yang dapat Anda gunakan:

  • Gunakan biaya-per-klik terendah apabila Anda belum merasa yakin dengan iklan Anda. Periksa Efektivitas Iklan (omzet/ biaya) dan pantau peringkat iklan Anda setelah satu minggu iklan diaktifkan. Jika peringkat iklan Anda >1, tetapi Efektivitas Iklan (omzet/ biaya) >100% (contoh: Peringkat iklan Anda 3 & Efektivitas Iklan 150%) sebaiknya pertahankan kata pencarian yang dipilih & tingkatkan biaya-per-klik untuk meningkatkan peringkat iklan Anda.
  • Gunakan biaya-per-klik yang direkomendasikan jika Anda ingin iklan Anda semakin dilihat Pembeli. 


2. Atur Modal Iklan Anda

Pilih Tanpa Batas pada pengaturan Modal untuk membuat iklan Anda semakin dilihat Pembeli. Jika Anda baru pertama kali menggunakan Iklanku & tidak yakin dengan biayanya, Anda dapat menentukan modal harian atau membatasi total modal. Dengan cara ini, biaya iklan Anda tidak akan melebihi modal yang Anda punya.

Contoh:

  • Jika Anda menentukan Modal Harian sebesar Rp20.000, iklan akan berhenti ketika modal telah terpakai hingga RP 20.000 dalam satu hari.
  • Jika Anda menentukan Total Modal sebesar Rp200.000, iklan akan berhenti ketika modal telah digunakan hingga sebesar RP 200.000 pada periode iklan yang telah Anda tentukan.


Berapa harga minimum biaya-per-klik untuk setiap jenis Iklanku? 

Rp150 untuk Iklan Kata Kunci, Rp50 untuk Iklan Produk Serupa dan Rp200 untuk Iklan Toko. 


Apakah Saya dapat menggunakan Iklanku jika modal Saya untuk beriklan terbatas?

Tentu saja. Prioritaskan produk dengan potensi penjualan tinggi untuk diiklankan. Contoh: produk terlaris di toko Anda, produk yang memiliki harga kompetitif dan penilaian terbaik.


Berapa biaya yang harus Saya keluarkan saat pertama kali menggunakan Iklanku? 

Shopee merekomendasikan untuk mengatur modal paling sedikit Rp40.000 untuk setiap produk yang diiklankan.


Bagaimana cara perhitungan tagihan biaya Iklanku? 

Iklanku dibayarkan dengan sistem prabayar. Top up Kredit Iklanku sebelum Anda mulai beriklan. Jika nominal Kredit Iklanku Rp0, iklan Anda tidak akan ditampilkan. Pelajari cara top up Kredit Iklanku dengan klik di sini.


Anda dapat melihat biaya yang ditarik dari Kredit Iklanku di Seller Centre > Iklanku > Tagihan



Apakah saya akan dikenakan biaya untuk klik dari pengguna yang sama atau alat pengklik otomatis?


Sistem Shopee akan menyaring klik yang tidak sah, sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan apa pun.


Tingkatkan Penjualan Anda dengan Iklanku

Sudah berhasil meningkatkan penjualan dengan Iklan Kata Kunci & ingin mendapatkan lebih banyak keuntungan? Cek tips berikut ini!


1.Maksimalkan Iklan Kata Kunci yang sudah ada

Maksimalkan kinerja Iklan Kata Kunci yang sudah ada sebelum mengatur iklan yang baru. 


Tips :

1. Optimalkan Iklan Kata Kunci Anda yang sudah berjalan selama 2 minggu.

  1. a. Tingkatkan biaya-per-klik untuk kata pencarian yang memiliki Efektivitas Iklan (omzet/biaya) yang baik dan peringkat iklan yang rendah.
  2. b. Ubah kata pencarian Pencocokan Luas dengan Efektivitas Iklan (omzet/biaya) rendah menjadi Pencocokan Spesifik.
  3. c. Klik di sini untuk tips mengoptimalkan iklan lainnya.


2. Sesuaikan harga, foto, dan deskripsi produk Anda agar dapat bersaing dengan produk lainnya. Klik di sini untuk

mengetahui cara meningkatkan tampilan halaman rincian produk Anda.


2. Gunakan Iklan Produk Serupa 

Dengan menggunakan Iklan Kata Kunci dan Iklan Produk Serupa secara bersamaan, Anda dapat menampilkan iklan Anda di 3 tempat yang paling sering dikunjungi Pembeli, seperti: halaman utama, halaman hasil pencarian, dan halaman rincian produk yang relevan. 


Tips:

1. Pasang Iklan Produk Serupa untuk semua produk yang sudah menggunakan Iklan Kata Kunci.

2. Aktifkan seluruh penempatan Iklan Produk Serupa, seperti: bagian Produk Serupa dan Kamu Mungkin Juga Suka pada

halaman rincian produk & bagian Rekomendasi pada halaman utama.

3. Pelajari cara mengatur Iklan Produk Serupa secara massal di sini.


3. Gunakan Iklanku untuk produk lainnya 


Tips:

1. Gunakan Iklan Kata Kunci dan Iklan Produk Serupa secara bersamaan untuk produk terlaris, produk dengan margin keuntungan tinggi, dan produk terbaru.


2. Anda juga dapat menggunakan opsi Pilih Otomatis untuk Iklan Kata Kunci. Sistem Shopee akan membantu Anda memilih kata pencarian dan mengoptimalkan biaya-per-klik seiring berjalannya waktu. Pilih Otomatis pada Iklan Kata Kunci saat ini baru dapat digunakan oleh Penjual terpilih. Pelajari lebih lanjut tentang Pilih Otomatis di sini.


4. Gunakan Iklan Toko

Jika Anda merupakan Star Seller atau Shopee Mall, Anda dapat menggunakan Iklan Toko untuk mengarahkan Pembeli langsung ke halaman toko Anda.


Tips:

1. Klik di sini untuk mempelajari cara membuat Iklan Toko.

2. Klik di sini untuk mempelajari cara mengoptimalkan Iklan Toko.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak