Iklan Produk Serupa

Cara Membuat Iklan Produk Serupa

Bagaimana cara memilih produk untuk diiklankan?


Pilih produk yang tepat untuk diiklankan berdasarkan tujuan bisnis Anda:


  • Untuk meningkatkan penjualan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan yang baik & produk yang memiliki potensi penjualan. 


  • Untuk meningkatkan keuntungan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan yang baik & memberikan keuntungan yang tinggi.


  • Untuk membuat produk baru semakin terlihat

Catatan: Pilih produk baru yang diinginkan dan tes keberhasilan penjualan produk tersebut. 


Sebagai panduan awal, berikut kriteria produk yang cocok untuk diiklankan:

  • Produk dengan harga lebih murah & kualitas setara dibandingkan produk kompetitor. 
  • Produk dengan total penilaian yang lebih baik dibandingkan produk kompetitor.


Bagaimana cara menentukan biaya-per-klik, modal, dan periode iklan?


  • Jika Anda baru menggunakan Iklan Produk Serupa, masukkan biaya-per-klik minimum Rp100, evaluasi performa iklan setelah 2 minggu, dan tingkatkan biaya-per-klik jika iklan Anda belum terlalu banyak dilihat Pembeli.
  • Gunakan biaya-per-klik yang direkomendasikan untuk memastikan Pembeli akan melihat iklan Anda.
  • Secara otomatis, modal dan periode Iklan Produk Serupa akan diatur menjadi "Tanpa Batas". Gunakan pengaturan ini jika Anda ingin iklan terus berlanjut.  
  • Anda bisa menentukan "Modal Harian" atau "Total Modal" dalam pengaturan modal iklan. 
  • Anda bisa menetapkan tanggal mulai/selesai jika ingin iklan ditampilkan dalam periode tertentu (contoh: dalam masa promo besar Shopee).


Apa itu Tingkat Premium dan bagaimana cara menghitungnya?


  • Tingkat Premium bisa meningkatkan biaya-per-klik di setiap jenis iklan untuk menambah kemungkinan iklan Anda dilihat Pembeli.
  • Contoh: Jika biaya-per-klik Iklan Produk Serupa Anda senilai Rp100 dan Tingkat Premium Anda 50%, maka biaya-per-klik akhir untuk Iklan Produk Serupa adalah Rp100 x (100% + 50%) = Rp150.
  • Catatan: Jika Anda membuat Iklan Produk Serupa melalui aplikasi Shopee, Anda tidak dapat mengatur Tingkat Premium. Tetapi, Anda dapat menentukan biaya-per-klik yang sama untuk semua produk yang dipilih pada setiap lokasi penempatan iklan.
  • Tentukan Tingkat Premium yang kompetitif jika produk yang diiklankan memiliki potensi penjualan yang tinggi dan margin keuntungan yang besar.
  • Jika tidak yakin, Anda bisa mengatur Tingkat Premium di angka 0%. Tinjau kinerja iklan setelah 2 minggu, dan tingkatkan biaya-per-klik untuk menambah kemungkinan iklan Anda dilihat Pembeli jika performa iklan bagus.



Bagaimana cara memantau dan mengoptimalkan performa Iklan Produk Serupa?


Jalankan iklan selama min. 2 minggu agar Anda memiliki data yang cukup untuk dipantau.

  • Jika iklan Anda memiliki 50-100 jumlah klik tanpa pesanan sama sekali, coba tingkatkan halaman produk dengan foto produk, nama, deskripsi, hingga harga yang lebih menarik. Jika iklan masih belum menghasilkan pesanan setelah halaman produk diubah, hentikan iklan untuk produk tersebut.
  • Jika iklan menghasilkan pesanan, Anda bisa mencoba menaikkan biaya-per-klik untuk meningkatkan kemungkinan iklan Anda dilihat Pembeli. Jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan, pastikan cost-to-income-ratio (CIR) tidak melebihi margin keuntungan produk.
  • CIR mengukur persentase perbandingan biaya iklan dan omzet yang didapat.
  • Semakin kecil nilai CIR, maka semakin besar juga keuntungan yang Anda dapatkan dari iklan.
  • Contoh: Produk A dijual dengan harga Rp10.000 dan biaya iklan Rp4.000. Margin keuntungan Anda adalah 60% dan CIR harus lebih rendah dari 40%.
  • Kurangi biaya-per-klik jika CIR melewati margin keuntungan produk Anda.
  • Cek CIR produk Anda pada bagian Statistik Produk di halaman Iklan Produk Serupa. 


Lampiran


Bagaimana cara membuat Iklan Produk Serupa?


A. Melalui Seller Centre


1. Log in ke Seller Centre.

2. Klik Iklan Shopee untuk mulai memasang iklan


3. Klik Iklan Produk Serupa di pojok kiri atas, lalu klik + Iklan Produk Serupa Baru di kanan bawah.



4. Pilih maksimum sepuluh produk untuk dipromosikan, kemudian klik Konfirmasi.

5. Atur Biaya Iklan, Modal & Periode untuk setiap produk. Sistem akan menampilkan harga yang direkomendasikan sebagai referensi pengaturan. Anda juga bisa menggunakan menu Mass Edit untuk menerapkan pengaturan modal dan periode yang sama ke semua produk. Klik Konfirmasi.


Catatan:

  • Tentukan Biaya Iklan minimum sesuai dengan harga yang direkomendasikan untuk memastikan posisi iklan yang tinggi.
  • Anda dapat mengubah Biaya Iklan kapan saja, bahkan setelah iklan sudah berjalan. 
  • Secara otomatis, Iklan Produk Serupa akan diatur Tanpa Batas Modal & Tanpa Batas Waktu. Anda dapat mengubahnya per produk sesuai dengan kebutuhan Anda.


6. Atur Tingkat Premium & aktifkan tombol status. Lalu, klik Aktifkan Iklan untuk mulai menampilkan iklan.

  • Tingkat Premium dapat meningkatkan kunjungan tokomu dengan meningkatkan biaya-per-klik untuk setiap letak penempatan iklan. Masukkan angka dalam bentuk persentase & lihat biaya maksimum yang akan Anda bayarkan di bagian Biaya Akhir Iklan.


Selain melalui menu Promosi Saya, Anda juga dapat mengiklankan produk dari halaman Produk Saya dengan cara:

  1. Log in ke Seller Centre > Klik Produk Saya
  2. Pada tombol Lainnya, pilih Atur Iklan Kata Kunci/Atur Iklan Produk Serupa



B. Melalui aplikasi Shopee

Cek cara membuat Iklan Produk Serupa melalui aplikasi Shopee di sini.


Bagaimana cara memeriksa performa Iklan Produk Serupa?


Laporan Performa Iklan


Anda dapat melihat performa iklan dalam bentuk statistik & laporan di bagian atas halaman Iklan Produk Serupa.

1. Anda dapat melihat performa iklan di periode tertentu.

2. Klik Download Data untuk mengunduh laporan.



Laporan Statistik Produk


Laporan statistik produk menunjukkan performa iklan per produk.



Laporan statistik produk juga dapat diunduh. Klik produk yang ingin Anda unduh datanya, atur periode, dan klik Download Data.


Klik di sini untuk panduan mengenai metrik & detail laporan performa iklan.


Bagaimana cara mengubah Iklan Produk Serupa?


Pilih iklan produk di halaman utama Iklan Produk Serupa yang ingin diubah.




1. Untuk mengubah Biaya Iklan, klik simbol pensil di sebelah biaya-per-klik, dan masukkan biaya-per-klik baru yang Anda inginkan.

2. Untuk mengubah Modal, klik simbol pensil di sebelah kanan Biaya. Anda dapat mengubah Modal menjadi "Tanpa Batas" atau Anda dapat menentukan Modal Harian/Total Modal. 

3. Untuk mengubah Waktu, arahkan kursor ke periode & klik simbol pensil di sebelah kanan. Anda dapat mengubah durasi menjadi "Tanpa Batas" atau pilih tanggal mulai & berakhirnya iklan.

4. Anda bisa menonaktifkan atau menghentikan iklan kapan pun dengan mengklik tombol Nonaktifkan (menghentikan iklan sementara) atau Selesaikan (menghentikan iklan secara permanen).

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak