Iklan Produk Serupa

Cara Membuat Iklan Produk Serupa

Bagaimana cara memilih produk untuk diiklankan?

Pilih produk yang tepat untuk diiklankan berdasarkan tujuan bisnis Anda:


  1. Meningkatkan penjualan

Fokus pada produk dengan potensi penjualan yang tinggi (Misal: produk terlaris, produk dengan promo, dan produk rekomendasi*).


  1. Meningkatkan keuntungan

Fokus pada produk terlaris dengan margin keuntungan yang tinggi.


  1. Meningkatkan visibilitas produk baru

Pilih produk baru yang ingin ditingkatkan visibilitasnya dan tes potensi penjualannya.


*Tips: 

  1. Sistem Pilih Produk akan secara terus-menerus memproses dan menganalisis data yang tersedia untuk mengidentifikasi produk rekomendasi yang memiliki potensi penjualan tinggi apabila diiklankan. 
  2. Saat membuat iklan di Seller Centre, prioritaskan produk rekomendasi yang ditandai dengan label "Terlaris", “Efektivitas Iklan Baik", atau "Pencarian Terbanyak".
  3. Pelajari lebih lanjut tentang arti dari masing-masing label di sini.

  1. Saat membuat iklan di Aplikasi Shopee, prioritaskan produk rekomendasi yang ditandai dengan icon "👍🏻".

Apa itu Pengaturan Otomatis?

Dengan Pengaturan Otomatis, sistem Shopee akan mengelola biaya-per-klik untuk masing-masing penempatan iklan. 

  1. Sistem Shopee akan terus menyesuaikan biaya-per-klik berdasarkan performa iklan secara real-time untuk memastikan Efektivitas Iklan (ROAS) yang baik untuk iklan Anda.
  2. Gunakan Pengaturan Otomatis jika Anda baru menggunakan Iklan Produk Serupa atau tidak memiliki waktu untuk mengoptimalkan iklan secara manual.


Bagaimana cara menentukan biaya-per-klik, modal, dan periode iklan?

  1. Jika Anda ingin meningkatkan pesanan per harinya, Penjual disarankan untuk mengaktifkan Iklan Produk Serupa untuk setidaknya 40 produk.
  2. Secara otomatis, modal dan periode Iklan Produk Serupa akan diatur menjadi "Tanpa Batas" dan "Tanpa Batas Waktu". Gunakan pengaturan ini jika Anda ingin iklan terus berjalan sepanjang hari.  
  3. Anda bisa menentukan "Modal Harian" atau "Total Modal" dalam pengaturan modal iklan. 
  4. Masukkan modal harian senilai Rp20.000-Rp40.000.
  5. Evaluasi performa iklan setelah 5-7 hari dan tingkatkan modal harian jika iklan memiliki performa yang baik.
  6. Anda bisa menetapkan tanggal mulai/selesai jika ingin iklan ditampilkan dalam periode tertentu (Contoh: Dalam masa puncak promo Shopee).
  7. Jika Anda menetapkan biaya per-klik secara manual:
  8. Atur biaya-per-klik mendekati minimum (Rp 150) jika Anda pengguna baru Iklan Produk Serupa. Pantau performa iklan dan tingkatkan biaya per-klik secara berkala untuk meningkatkan jumlah dilihat.
  9. Atur biaya per-klik mendekati harga rekomendasi dari Shopee untuk visibilitas iklan yang lebih baik.


Apa itu Tingkat Premium dan bagaimana cara menghitungnya?

  1. Tingkat Premium bisa meningkatkan biaya-per-klik di setiap jenis iklan untuk menambah kemungkinan iklan Anda dilihat Pembeli.
  2. Contoh: Jika biaya-per-klik Iklan Produk Serupa Anda senilai Rp200 dan Tingkat Premium untuk "Halaman Utama - Rekomendasi" sebesar 50%, maka biaya-per-klik akhir untuk "Halaman Utama - Rekomendasi" adalah Rp200 x (100% + 50%) = Rp300.
  3. Catatan: Jika Anda membuat Iklan Produk Serupa melalui aplikasi Shopee, Anda tidak dapat mengatur Tingkat Premium. Tetapi, Anda dapat menentukan biaya-per-klik yang sama untuk semua produk yang dipilih pada setiap lokasi penempatan iklan.
  4. Tentukan Tingkat Premium yang kompetitif jika produk yang diiklankan memiliki potensi penjualan yang tinggi dan margin keuntungan yang besar.
  5. Jika tidak yakin, Anda bisa mengatur Tingkat Premium di angka 0%. Pantau performa iklan setelah 2 minggu, dan tingkatkan Tingkat Premium secara berkala apabila performanya baik, agar meningkatkan jumlah dilihat.


Bagaimana cara memantau dan mengoptimalkan performa Iklan Produk Serupa?

  1. Jalankan iklan Anda selama 7-10 hari terlebih dahulu
  2. Untuk iklan dengan performa yang baik (Contoh: Memiliki Konversi dan Efektivitas Iklan (ROAS) yang baik), tingkatkan modal harian iklan Anda 2-3x lipat.
  3. Untuk iklan yang tidak memiliki Konversi setelah 100 klik:
  4. Jika iklan Anda menggunakan Pengaturan Otomatis, nonaktifkan fitur ini dan gunakan Pengaturan Manual untuk terus mempromosikan produk.
  5. Jika iklan Anda menggunakan Pengaturan Manual, Anda dapat mempertimbangkan untuk menaikkan biaya-per-klik untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas atau menonaktifkan iklan.
  6. Periksa iklan Anda setiap 1-2 minggu secara berkala
  7. Tetapkan modal menjadi "Tanpa Batas" untuk iklan dengan performa baik agar tidak membatasi jumlah penjualan yang bisa Anda dapatkan.
  8. Jika Anda mengaktifkan Iklan Produk Serupa menggunakan Pengaturan Manual:
  9. Naikkan biaya-per-klik untuk iklan dengan Konversi dan Efektivitas Iklan yang baik agar mendapatkan lebih banyak jumlah dilihat dan pesanan.
  10. Turunkan biaya-per-klik untuk iklan dengan Persentase Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan Iklan (ACOS) yang telah melebihi margin keuntungan produk Anda, atau nonaktifkan iklan.
  11. Lihat ACOS produk Anda di bagian Statistik Produk pada halaman Iklan Produk Serupa.
  12. Optimalkan biaya-per-klik untuk kata kunci yang Anda pilih secara manual saat hari-hari kampanye besar (Contoh: Puncak 11.11 Big Sale, Puncak 12.12 Birthday Sale, dll.) untuk memastikan iklan Anda tetap kompetitif dan ditampilkan kepada Pembeli.
  13. Buka halaman utama Iklan Shopee.
  14. Klik logo pengaturan pada halaman Iklan Shopee.
  15. Klik “Aktifkan” pada “Tindakan” di Pengaturan Fitur Biaya Per-klik Untuk Iklan Shopee
  16. Perlu diingat bahwa pengaturan ini akan otomatis berjalan untuk Iklan Pencarian Produk juga
  17. Info lebih lanjut mengenai fitur ini, klik di sini




  1. Optimalkan biaya per-klik secara otomatis untuk Iklan Produk Serupa dengan pengaturan manual menggunakan Mode Dinamis untuk meningkatkan penjualan Anda tanpa meningkatkan biaya iklan secara signifikan.
  2. Untuk informasi lebih lanjut tentang detail pengaturan, klik di sini.


Bagaimana cara saya membuat dan mengatur Iklan Produk Serupa?

Anda dapat mengunjungi Panduan Pengguna Iklan Shopee


Apakah saya bisa membuat dan mengatur Iklan Produk Serupa melalui aplikasi Shopee? 

Ya, sekarang Anda dapat membuat dan mengubah Iklan Produk Serupa melalui Seller Centre atau aplikasi Shopee. Anda dapat mengunjungi Panduan Pengguna Iklan Shopee untuk informasi yang lebih lengkap. 


Video Tutorial Membuat Iklan Produk Serupa

Jangan lupa juga untuk menonton video Iklan Shopee lainnya di sini.

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak
Konten

Bagaimana cara memilih produk untuk diiklankan?

Apa itu Pengaturan Otomatis?

Bagaimana cara menentukan biaya-per-klik, modal, dan periode iklan?

Apa itu Tingkat Premium dan bagaimana cara menghitungnya?

Bagaimana cara memantau dan mengoptimalkan performa Iklan Produk Serupa?