Iklan Toko

Cara Membuat Iklan Toko

Bagaimana cara mengatur Kata Pencarian, Tipe Pencocokan, dan Biaya-per-Klik?


1. Cara mengatur Kata Pencarian:

  • Gunakan kata pencarian yang cocok untuk foto, slogan, dan halaman iklan buatanmu.
  • Tambah kata pencarian yang relevan dan populer yang direkomendasikan oleh sistem Shopee dan tambah kata pencarian relevan lainnya, termasuk:
  • Variasi atau sinonim dari kata pencarian yang relevan dengan toko atau kategori toko Anda.
  • Jika Anda mengarahkan Pembeli ke kategori toko sepatu olahraga, Anda dapat menggunakan kata “sepatu”, “sepatu kets”, “sepatu untuk olahraga”, “sepatu olahraga”, “sepatu outdoor” dan lainnya.
  • Jika toko Anda menjual pasta gigi dan ingin mengarahkan Pembeli ke halaman toko, Anda dapat menggunakan kata “pasta gigi”, “odol”, “odol sensitif”, dan lainnya.
  • Kata pencarian yang menggambarkan aktivitas atau kesempatan di mana produk Anda digunakan.
  • Jika toko Anda menjual peralatan dan pakaian camping, Anda dapat menggunakan kata “camping”, “mendaki” dan lainnya.
  • Gunakan min. 10 kata pencarian


2. Cara memilih Tipe Pencocokan:

  • Gunakan Pencocokan Luas agar iklan dapat menjangkau lebih banyak Pembeli. Jika Anda menjual sepatu olahraga, Anda dapat menggunakan kata yang umum digunakan yaitu “sepatu”.
  • Gunakan Pencocokan Spesifik untuk kata pencarian yang paling sesuai dengan halaman tujuan iklan:
  • Contoh: jika produk terlaris toko Anda adalah hijab, pertimbangkan untuk menggunakan “hijab muslim” sebagai kata pencarian. Pastikan produk Anda secara jelas ditampilkan di halaman toko.
  • Persaingan iklan dan biaya-per-klik kata pencarian spesifik lebih rendah dari kata pencarian umum. Kesempatan agar iklan Anda tampil juga lebih tinggi dengan biaya yang lebih rendah dari pencocokan luas.


3. Gunakan biaya-per-klik yang kompetitif & direkomendasikan:

Masukkan biaya-per-klik sesuai dengan modal Anda. Pantau iklan Anda setelah 2 minggu dan tingkatkan biaya-per-klik jika Anda menginginkan iklan Anda dapat lebih sering terlihat.



Bagaimana cara mengatur modal dan periode?

Anda bisa mengatur modal dan periode untuk Iklan Toko sebelum iklan ditampilkan.

  1. 1. Gunakan “Tanpa Batas” untuk pilihan Modal Anda dan “Tanpa Batas Waktu” untuk pilihan Periode agar iklan muncul secara berkelanjutan. Jika Anda memiliki keterbatasan biaya, Anda dapat memilih “Tentukan Modal” dan “Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai” untuk setiap iklan.
  • Atur jadwal jika Anda ingin mempromosikan toko Anda di hari-hari tertentu.

  1. 2. Pastikan modal Anda cukup untuk popularitas dan jumlah klik yang Anda inginkan; iklan Anda akan berhenti setelah modal Anda habis.
  • Pastikan modal Anda cukup untuk setidaknya 100 klik.
  • Memiliki setidaknya 100 klik dapat memberikan Anda data yang cukup untuk mengoptimalkan iklan Anda.


Bagaimana cara memilih Foto Iklan Toko?

  • Pilih foto yang menarik, berkualitas baik, dan jelas (contoh: memiliki resolusi tinggi, tidak ada watermark, pencahayaan baik, dan fokus)
  • Jika Anda memilih “Halaman Kategori Toko” sebagai halaman tujuan iklan, gunakan foto yang paling mewakili kategori tersebut.
  • Jika Anda memilih “Halaman Toko” sebagai halaman tujuan iklan, gunakan foto profil toko atau foto lain yang paling mewakili toko Anda.


Bagaimana cara menentukan Slogan Iklan Toko?

  • Fokus pada keuntungan yang akan didapatkan oleh Pembeli, contoh: “Cerahkan kulitmu dengan skincare berkualitas tinggi”.
  • Tonjolkan koleksi produk baru atau sesuai musim, contoh: “Baju santai saat liburan ke pantai” atau “Diskon hingga 50% untuk sepatu olahraga hingga 28 Feb”.
  • Gunakan pernyataan dan hindari menggunakan pertanyaan sebagai slogan.
  • Hindari penggunaan lebih dari satu tanda seru, emoji, atau simbol tertentu.


Bagaimana cara menentukan Halaman Iklan Buatanmu?

Anda dapat mengarahkan Pembeli ke Halaman Toko atau Halaman Kategori Toko.

  • Pilih “Halaman Toko” jika Anda ingin Pembeli menjelajahi toko Anda.
  • Pilih “Halaman Kategori Toko” jika Anda ingin meningkatkan kunjungan dan penjualan untuk produk tertentu.
  • Jika toko Anda memiliki berbagai kategori toko, Shopee merekomendasikan untuk membuat satu Iklan Toko untuk satu kategori toko dan gunakan kata pencarian yang relevan untuk setiap kategori toko.
  • Anda dapat menggunakan Halaman Kategori Toko yang sudah ada secara otomatis (berdasarkan kategori toko, penjualan, dan koleksi terbaru) atau Anda juga dapat membuat halaman kategori toko yang baru.
  • Klik di sini untuk mempelajari cara memaksimalkan halaman kategori toko.


Bagaimana cara menentukan Nama Iklan Toko?

Nama Iklan Toko tidak akan ditampilkan pada halaman Pembeli. Menentukan dan mengatur Nama Iklan Toko dapat mempermudah Anda untuk membedakan beberapa iklan.


Tips:

Atur Nama Iklan Toko yang paling mendeskripsikan iklan dengan memasukkan rincian, seperti tujuan iklan, halaman tujuan, dan durasi iklan. Contoh: “Iklan untuk Koleksi Pakaian bulan Mei”.


Apakah bisa memakai kata pencarian apa pun untuk Iklan Toko?

Perlu diperhatikan dalam memasang Iklan Toko, Anda tidak dapat menggunakan Kata Pencarian Tertentu untuk memberikan Pembeli pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

  • Kata Pencarian Tertentu adalah kata pencarian yang digunakan Pembeli untuk mencari suatu toko secara spesifik. 
  • Contoh: Pembeli yang mencari “Brand X” kemungkinan besar akan mencari Toko Resmi Brand X. 


Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak