Panduan Pengguna

Cara Membuat Iklan Produk Serupa

Bagaimana cara memilih produk untuk diiklankan?

Pilih produk yang tepat untuk diiklankan berdasarkan tujuan bisnis Anda:


  1. Untuk meningkatkan penjualan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan yang baik & produk yang memiliki potensi penjualan. 


  1. Untuk meningkatkan keuntungan

Catatan: Fokus pada produk terlaris dengan performa penjualan yang baik & memberikan keuntungan yang tinggi.


  1. Untuk membuat produk baru semakin terlihat

Catatan: Pilih produk baru yang diinginkan dan tes keberhasilan penjualan produk tersebut. 


Sebagai panduan awal, berikut kriteria produk yang cocok untuk diiklankan dengan Iklan Produk Serupa:

  1. Produk dengan harga lebih murah & kualitas setara dibandingkan produk kompetitor. 
  2. Produk dengan total penilaian yang lebih baik dibandingkan produk kompetitor.


Apa itu Pengaturan Otomatis?

Dengan Pengaturan Otomatis, sistem Shopee akan mengelola biaya-per-klik untuk masing-masing penempatan iklan. 

  1. Sistem Shopee akan terus menyesuaikan biaya-per-klik berdasarkan performa iklan secara real-time untuk memastikan Efektivitas Iklan (ROI) yang baik untuk iklan Anda.
  2. Gunakan Pengaturan Otomatis jika Anda baru menggunakan Iklan Produk Serupa atau tidak memiliki waktu untuk mengoptimalkan iklan secara manual.


Catatan: Pengaturan Otomatis tersedia dalam versi BETA dan hanya dapat digunakan oleh Penjual terpilih.



Bagaimana cara menentukan biaya-per-klik, modal, dan periode iklan?

  1. Jika Anda ingin meningkatkan pesanan per harinya, Penjual disarankan untuk mengaktifkan Iklan Produk Serupa untuk setidaknya 40 produk.
  2. Secara otomatis, modal dan periode Iklan Produk Serupa akan diatur menjadi “Tanpa Batas”. Gunakan pengaturan ini jika Anda ingin iklan terus berlanjut.  
  3. Anda bisa menentukan “Modal Harian” atau “Total Modal” dalam pengaturan modal iklan. 
  4. Masukkan modal harian senilai Rp20.000-Rp40.000.
  5. Evaluasi performa iklan setelah 5-7 hari dan tingkatkan modal harian jika iklan memiliki performa yang baik.
  6. Anda bisa menetapkan tanggal mulai/selesai jika ingin iklan ditampilkan dalam periode tertentu (Contoh: Dalam masa promo besar Shopee).
  7. Jika Anda menetapkan biaya-per-klik secara manual:
  8. Tetapkan biaya-per-klik minimum Rp100 jika Anda baru menggunakan Iklan Produk Serupa.
  9. Gunakan harga rekomendasi dari Shopee untuk visibilitas iklan yang lebih baik.
  10. Tingkatkan biaya-per-klik jika iklan Anda belum terlalu banyak dilihat Pembeli.


Apa itu Tingkat Premium dan bagaimana cara menghitungnya?

  1. Tingkat Premium bisa meningkatkan biaya-per-klik di setiap jenis iklan untuk menambah kemungkinan iklan Anda dilihat Pembeli.
  2. Contoh: Jika biaya-per-klik Iklan Produk Serupa Anda senilai Rp100 dan Tingkat Premium Anda 50%, maka biaya-per-klik akhir untuk Iklan Produk Serupa adalah Rp100 x (100% + 50%) = Rp150.
  3. Catatan: Jika Anda membuat Iklan Produk Serupa melalui aplikasi Shopee, Anda tidak dapat mengatur Tingkat Premium. Tetapi, Anda dapat menentukan biaya-per-klik yang sama untuk semua produk yang dipilih pada setiap lokasi penempatan iklan.
  4. Tentukan Tingkat Premium yang kompetitif jika produk yang diiklankan memiliki potensi penjualan yang tinggi dan margin keuntungan yang besar.
  5. Jika tidak yakin, Anda bisa mengatur Tingkat Premium di angka 0%. Tinjau kinerja iklan setelah 2 minggu, dan tingkatkan biaya-per-klik untuk menambah kemungkinan iklan Anda dilihat Pembelijika performa iklan bagus.


Bagaimana cara memantau dan mengoptimalkan performa Iklan Produk Serupa?

  1. Jalankan iklan Anda selama 7-10 hari terlebih dahulu
  2. Untuk iklan dengan performa yang baik (Contoh: Menghasilkan pesanan dan CIR yang efektif), tingkatkan modal harian iklan Anda 2-3x lipat.
  3. Untuk iklan yang tidak memiliki pesanan setelah 100 klik:
  4. Jika iklan Anda menggunakan Pengaturan Otomatis, nonaktifkan fitur ini dan gunakan Pengaturan Manual untuk terus mempromosikan produk.
  5. Jika iklan Anda menggunakan Pengaturan Manual, Anda dapat mempertimbangkan untuk menaikkan biaya-per-klik untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas atau menonaktifkan iklan.
  6. Periksa iklan Anda setiap 1-2 minggu secara berkala
  7. Tetapkan modal menjadi "Tanpa Batas" untuk iklan dengan performa baik agar tidak membatasi jumlah penjualan yang bisa Anda dapatkan.
  8. Jika Anda mengaktifkan Iklan Produk Serupa menggunakan Pengaturan Manual:
  9. Naikkan biaya-per-klik untuk iklan dengan pesanan dan CIR yang baik untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan dan pesanan.
  10. Turunkan biaya-per-klik untuk iklan dengan Persentase Pengeluaran Biaya Iklan terhadap Omzet Penjualan (CIR) yang telah melebihi margin untung produk Anda, atau nonaktifkan iklan.
  11. Lihat CIR produk Anda di bagian Statistik Produk pada halaman Iklan Produk Serupa.



Lampiran


Bagaimana cara membuat Iklan Produk Serupa?


A. Melalui Seller Centre

  1. Log in ke Seller Centre.
  2. Klik Iklan Shopee untuk mulai memasang iklan.


3. Klik Iklan Produk Serupa di pojok kiri atas, lalu klik + Iklan Produk Serupa Baru di kanan bawah.



4. Pilih maksimum 50 produk untuk dipromosikan, kemudian klik Konfirmasi.




5. Pilih pengaturan iklan. Terdapat 2 pengaturan Iklan Produk Serupa, yaitu:

  1. Pengaturan Otomatis: Sistem Shopee akan mengatur & mengelola biaya-per-klik untuk Iklan Produk Serupa Anda di semua penempatan iklan. Jika Anda menggunakan Pengaturan Otomatis, Anda hanya perlu mengatur Modal & Periode dan dapat langsung mengaktifkan iklan.
  2. Pengaturan Manual: Penjual dapat mengatur biaya-per-klik sendiri sesuai keinginan dengan klik pada icon untuk menonaktifkannya. Jika Anda menggunakan Pengaturan Manual, Anda perlu mengatur Biaya Iklan, Modal, & Periode untuk setiap produk.



Sistem akan menampilkan harga yang direkomendasikan sebagai referensi pengaturan. Anda juga bisa menggunakan menu Pengaturan Massal untuk menerapkan pengaturan modal dan periode yang sama ke semua produk.


Catatan:

  1. Tentukan Biaya Iklan minimum sesuai dengan harga yang direkomendasikan untuk memastikan posisi iklan yang tinggi.
  2. Anda dapat mengubah Biaya Iklan kapan saja, bahkan setelah iklan sudah berjalan. 
  3. Secara otomatis, Iklan Produk Serupa akan diatur Tanpa Batas Modal & Tanpa Batas Waktu. Anda dapat mengubahnya per produk sesuai dengan kebutuhan Anda.


6. Atur Tingkat Premium & aktifkan tombol status. Lalu, klik Aktifkan Iklan untuk mulai menampilkan iklan.

  1. Tingkat Premium dapat meningkatkan kunjungan tokomu dengan meningkatkan biaya-per-klik untuk setiap letak penempatan iklan. Masukkan angka dalam bentuk persentase & lihat biaya maksimum yang akan Anda bayarkan di bagian Biaya Akhir Iklan.



Selain melalui menu Promosi Saya, Anda juga dapat mengiklankan produk dari halaman Produk Saya dengan cara:

  1. Log in ke Seller Centre > Klik Produk Saya
  2. Pada tombol Lainnya, pilih Atur Iklan Kata Kunci/Atur Iklan Produk Serupa


B. Melalui aplikasi Shopee

Cek cara membuat Iklan Produk Serupa melalui aplikasi Shopee di sini.


Bagaimana cara memeriksa performa Iklan Produk Serupa?


Laporan Performa Iklan


Anda dapat melihat performa iklan dalam bentuk statistik & laporan di bagian atas halaman Iklan Produk Serupa.

  1. Anda dapat melihat performa iklan di periode tertentu.
  2. Klik Download Data untuk mengunduh laporan.



Laporan Statistik Produk

Laporan Statistik Produk menunjukkan performa iklan per produk.




Laporan Statistik Produk juga dapat di-download. Klik produk yang ingin Anda download datanya, atur periode, dan klik Download Data.


Klik di sini untuk panduan mengenai metrik & detail laporan performa iklan.


Bagaimana cara mengubah Iklan Produk Serupa?

Pilih iklan produk di halaman utama Iklan Produk Serupa yang ingin diubah.



  1. Untuk mengubah Biaya Iklan, klik icon pensil di sebelah biaya-per-klik, dan masukkan biaya-per-klik baru yang Anda inginkan.
  2. Untuk mengubah Modal, klik icon pensil di sebelah kanan pengaturan. Anda dapat mengubah Modal menjadi “Tanpa Batas” atau Anda dapat menentukan Modal Harian/Total Modal.
  3. Untuk mengubah Waktu, klik icon pensil di sebelah kanan pengaturan. Anda dapat mengubah periode iklan menjadi “Tanpa Batas” atau pilih tanggal mulai & selesainya iklan.
  4. Anda bisa menonaktifkan atau menghentikan iklan kapan pun dengan mengklik tombol Nonaktifkan (menghentikan iklan sementara) atau Selesaikan (menghentikan iklan secara permanen).


Video Tutorial Membuat Iklan Produk Serupa

Apakah halaman ini membantu?

yes Ya
no Tidak